Meta Analisis Pengaruh Model Concept Song Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Wayan Elki Pratama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37150

Keywords:

Efektivitas, Concept Song, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model pembelajaran Concept Song terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode pencatatan dokumen yang berkaitan dengan model pembelajaran Concept Song terhadap hasil belajar Matematika di sekolah dasar yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yakni meta analisis dengan kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut; (1) mempelajari topik penelitian yang akan dirangkum, (2) mengumpulkan dan mencari sejumlah topik yang telah ditentukan dan menyeleksinya, (3) melakukan perhitungan effect size dengan mengidentifikasi mean dan standar deviasi dari perhitungan uji t yang telah dilakukan, dan (4) menarik kesimpulan dan menginterprestasikan hasil penelitian meta analisis. Hasil analisis effect size memaparkan bahwa dari ke 6 penelitian yang relevan hanya terdapat 3 penelitian yang dapat diukur efektivitasnya dikarenakan data yang disajikan lengkap dengan perolehan perhintungan effect size. Model pembelajaran Concept Song efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Hasil analisis data dengan effect size ditemukan bahwa model pembelajaran sangat membantu dalam mengingat hal yang dianggap sulit. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan model pembelajaran Concept Song mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Disarankan penelitian selanjutnya agar lebih detail dalam mencantumkan kelengkapan data penelitian pada metode, data sampel maupun data hasil penelitian.

Author Biography

I Wayan Elki Pratama, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal History of Education, 3(1), 40–45.

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228. DOI: https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228

Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981. DOI: https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Astiani, N., Halimah, M., & Hidayat, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 157-168 http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadida.http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859

Atika, A., Machmud, A., & Suwatno, S. (2020). Pendekatan Meta-Analisis : Blended Learning terhadap Hasil Belajar DI Era Covid-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 919–926. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.488. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.488

Atmaja, I. K. A. K., Suniasih, N. W., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sukawati Tahun Ajaran 2018/2019. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17988.

Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154. DOI: https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Dadri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47. DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Krisdayanti, A. A. I. P., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2013). Matematika Kelas V Sd Gugus Kolonel Gusti Ngurah Rai. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.955.

M, S. M., Ilmi, N., & Abu, L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SD Negeri 116 Pinrang. Global Science Education Journal, 4(2), 14–19. DOI: https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.96

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pratama, I. W. E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Concept Song Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2). DOI: https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i2.357

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2.

Satriawan, I. N. B., Putra, D. K. N. S., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2016). Model Concept Song Dalam Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetauan IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7126.

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079

Swastyastu, L. T. J. (2020). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52–59. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive.

Tegeh, I. M. (2015). Media Pembelajaran. Sukses.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 1–10.

Zamria. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Melalui Metode Cooperative Script Untuk Siswa MTSN 1 Baubau. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 96–103. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.392. DOI: https://doi.org/10.51878/action.v1i1.392

Downloads

Published

2021-07-13

How to Cite

Pratama, I. W. E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Concept Song Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika . Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 33–39. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37150

Issue

Section

Articles