Meta Analisis Pengaruh Model Concept Song Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Matematika

I Wayan Elki Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Concept Song terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode pencatatan dokumen yang berkaitan dengan model pembelajaran Concept Song terhadap hasil belajar Matematika di sekolah dasar yang dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yakni meta analisis dengan kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut; (1) mempelajari topik penelitian yang akan dirangkum, (2) mengumpulkan dan mencari sejumlah topik yang telah ditentukan dan menyeleksinya, (3) melakukan perhitungan effect size dengan mengidentifikasi mean dan standar deviasi dari perhitungan uji t yang telah dilakukan, dan (4) menarik kesimpulan dan menginterprestasikan hasil penelitian meta analisis. Hasil analisis effect size memaparkan bahwa dari ke 6 penelitian yang relevan hanya terdapat 3 penelitian yang dapat diukur efektivitasnya dikarenakan data yang disajikan lengkap dengan perolehan perhintungan effect size. Model pembelajaran Concept Song efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Hasil analisis data dengan effect size ditemukan bahwa model pembelajaran sangat membantu dalam mengingat hal yang dianggap sulit. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan model pembelajaran Concept Song mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Disarankan penelitian selanjutnya agar lebih detail dalam mencantumkan kelengkapan data penelitian pada metode, data sampel maupun data hasil penelitian.


Keywords


Efektivitas, Concept Song, Hasil Belajar

References


Atmaja, Komang Adi Kusuma., Ni Wayan Suniasih, Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Consept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2018/2019. Mimbar PGSD Undiksha Vol: 7 No: 2 Tahun: 2019.

Barga, I Nyoman.dkk. 2016. Model Concept Song dalam pendekatan saintifik Berbantuan media powerpoint untuk Meningkatkan hasil belajar pengetahuan ipa. Singaraja: Undiksha

Kementrian Pendidikan dan Kebudayan. 2004. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayan

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Sujana. I Wyn. dkk. 2013. Model Pembelajaran Concept Song Berbasis Tri Pramana Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus Kolonel Gusti Ngurah Rai. Singaraja:Undiksha

Tegeh. 2015.Media Pembelajaran. Singaraja: Sukses




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37150

Article Metrics

Abstract view : 379 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.