Kontribusi Kebiasaan dan Keaktifan Belajar terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40197Keywords:
Kebiasaan Belajar, Keaktifan Belajar, KompetensiAbstract
Kurang optimalnya kompetensi pengetahuan IPS yang diakibatkan dari kebiasaan serta keaktifan belajar yang kurang maksilmal sehingga membuat siswa kurang fokus saat belajar menjadi salah satu alasan dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bermaksud untuk menguji kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS, kontribusi yang signifikan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS, kontribusi yang signifikan kebiasaan dan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 411 siswa dan sampel berjumlah 201 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dan kontribusinya sebesar 44,7%, terdapat kontribusi yang signifikan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dan kontribusinya sebesar 50%, terdapat kontribusi yang signifikan kebiasaan dan keaktifan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS dan kontribusinya sebesar 53%. Disimpulkan bahwa kebiasaan dan keaktifan belajar berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS.
References
Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. PEDAGOGI, 1(1), 85–98. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32
Agung, D. A. G. (2015). Pemahaman Awal Terhadap Anatomi Teori Sosial Dalam Perspektif Struktural Fungsional Dan Struktural Konflik. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 162–170. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1532.
Apriliya, W. (2019). Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 6(3), 78–86.
Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961
Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110.
Fasikhah. (2019). Hubungan Kebiasaan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 1(3), 55–64.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Khurun, I. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi Jambi, 1(2), 33–39. DOI: https://doi.org/10.35141/jraj.v1i2.60
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Bioma, 6(2), 78–92. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v6i2.1740
Laili, W. . (2019). Pengaruh Metode Group Investigation dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 5(2), 90–101. DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v5i2.6976
Lase, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.88
Lazim, H. . (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang dengan Metode Time Token. Mathematics Education Journal, 1(1), 75. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.241
Makhmudah, S. (2018). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 7(1), 81. DOI: https://doi.org/10.32616/tdb.v7i1.39
Meidina, R. . (2018). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru. Scientific Journals, 3(2), 97.
Nurfitriana, M. A., & Nugraha, J. (2019). Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis CAI Sebagai Media Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jabatan, Tugas, dan Uraian Pekerjaan Kelas X MP SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 51–58.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic, 3(1), 287–293. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Puspitaningdyah, D. O Purwanti, E. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Joyful Learning Journal, 1(1), 29–38.
Rahayu, S. (2016). Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5(1), 50–59. https://doi.org/10.22202/mamangan.v5i1.1929. DOI: https://doi.org/10.22202/mamangan.v5i1.1929
Retnowati, F., & Abidin, H. A. . (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(1), 48–54.
Rohmi, D. I. M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 6(1), 56–67.
Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77. DOI: https://doi.org/10.30738/.v5i1.931
Saputro, G. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 7(1), 64–73.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 17(1), 39. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760
Siregar, N., & Ovilyani, R. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Menggunakan Indihome Sebagai Penyedia Jasa Internet Di Kota Medan (Studi Kasus Kantor Plaza Telkom Cabang Iskandar Muda No. 35 Medan Baru). Jurnal Manajemen Tools, 7(1), 65–76.
Siregar, S. (2017). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Kencana Prenada Media. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/nmy5d
Sudjana, N. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Tirani, A. A. (2017). Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan. Union, 5(1), 59–66. DOI: https://doi.org/10.30738/.v5i1.928
Udayani, A. A. K. F., & Sari, M. M. R. (2017). Pengaruh Pengendalian Internal Dan Moralitas Individu Pada Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 18, 1774–1799.
Wiryawan, I. W. A., Murda, I. N., & Bayu, G. W. (2019). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 189–200. DOI: https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22232
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.