Supervisi Kepala Sekolah Ditinjau dari Aspek Context, Input, Process, Product di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40200Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Evaluasi, CIPPAbstract
Evaluasi sangat diperlukan dalam perencanaan supervise kepala sekolah. Tanpa adanya evaluasi, maka sekolah tidak mengetahui kendala yang sedang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Studi Evaluasi Supervisi Kepala Sekolah ditinjau dari Aspek (Context, Input, Process, Product) di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 64 kepala sekolah. Pengumpulan data evaluasi supervisi kepala sekolah ini dilakukan dengan metode non tes dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner langsung dan tidak langsung. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif kuantitatif, kemudian dikonversikan ke dalam Z skor selanjutnya ditransformasikan ke dalam T skor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komponen variabel context dengan efektivitas 3%, (2) efektivitas variabel input sebesar 6,3%, (3) efektivitas variabel process sebesar 3,7%, dan (4) efektivitas variabel product sebesar 21,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervise kepala sekolah termasuk dalam kuadran efektif.
References
Ahmad, B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 3(1), 90–97. https://doi.org/10.36709/jppg.v3i1.9133. DOI: https://doi.org/10.36709/jppg.v3i1.9133
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/24/322.
Fauziyyah, N. (2019). The Potential of Augmented Reality to Transform Education Into Smart Education. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 966–973. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7433
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Fitriani, A. (2015). Gaya Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 11(2), 1–22.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734.
Julaiha, Siti. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734. DOI: https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Juliarti, E. (2022). Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di SMAN 6 Talang Empat Bengkulu Tengah). GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 155–162.
Kartowagiran, B. (2010). Evaluasi Kurikulum. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 1–9.
Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208
Kurniawan, Y. A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Kasus di SMP Kolese Kanisius Jakarta ). Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 8(2), 182–190. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/view/4271. DOI: https://doi.org/10.21009/jmp.08117
Lismardiana. (2019). Assosiasi Rule Mining Pola Pemetaan Mutu Pendidikan Sekolah SD Negeri dan SD Swasta di Kecamatan Medan Kota Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 7(1), 51–55. http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP%0A.
Maryani, I. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau dari Aspek Kegiatan Partisipatif di SDN Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 170-180. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2723
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039. DOI: https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 17–32. https://ejournal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139.
Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Journal Administrasi Negara, 1(1), 210–224.
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 7(1), 1–11.
Setyaningsih, K. (2019). Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan Palembang. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-01. DOI: https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-01
Sukarmen, S. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 82. https://doi.org/10.29210/3003251000. DOI: https://doi.org/10.29210/3003251000
Supono, B. (2011). Peranan Modal Sosial Dalam Implementasi Manajemen Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(1), 10–16.
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Thaal, P., Prihatin, T., & Suminar, T. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Program Professional Development for Education Personnel (Prodep) Supervisi Akademik Berbasis Cipp Di Kabupaten Timor Tengah Utara. Educational Management, 5(1), 64–73.
Turmidzi, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1), 33–49. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi.
Virgo, E., & Slameto, S. (2018). Evaluasi Program Manajerial Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 217–229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p217-229. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p217-229
Widoyoko. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16.
Yumarlin. (2016). Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Informasi Interaktif, 1(1), 34–43. http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/345
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Zulkhairi, Z., Arneliwati, A., & Nurchayati, S. (2019). Studi Deskriptif Kualitatif: Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Menyimpang. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 145. https://doi.org/10.31258/jni.8.2.145-157 DOI: https://doi.org/10.31258/jni.8.2.145-157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.