Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD

Authors

  • Ni Nyoman Ratna Ayu Kartika Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • DB.Kt.Ngr. Semara Putra Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Ardana Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Keywords:

Model Reciprocal Teaching, media PowerPoint, dan kompetensi pengetahuan IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini sebanyak 6 kelas V SD di Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 212 siswa kelas V. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 76 orang yaitu 39 siswa kelas V di SDN 4 Sumerta sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas V di SDN 6 Sumerta sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,919 > ttabel = 1.993 pada taraf signifikansi 5% dengan (dk = 37 + 39 - 2 = 74), sehingga tolak Ho yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 73,769 > = 68.405 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media PowerPoint terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020.

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ariyasa, Gede, dkk.2014.Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Genesha. Vol.2 No.1.

Aswat, Hijrawatil.2018.Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri I Topa Kabupaten Buton. Selecta Education Jurnal. Vol.2 No.1.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Lestari, Y. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Munir. 2012. Multimedia dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sani, Abdullah Ridwan. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Setianingsih, Aris, dkk, 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Vol: 3 No: 3. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Prenadamedia Grup.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suciantari, Ratna, dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Abiansemal. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2 No.1.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Afabeta

Suhendra, Ade. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelejaran SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Sutarno, Nono, dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2023-01-26

How to Cite

Ayu Kartika, N. N. R., Semara Putra, D., & Ardana, I. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44938

Issue

Section

Articles