Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual TerhadapKompetensi Pengetahuan IPA
Keywords:
Quantum Teaching, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Diadakannya penelitian ini ialah untuk menjawab permasalahan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 191 siswa yang terdistribusi kedalam 6 kelas. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan perolehan sampel ialah kelas IV SD Negeri 14 Pedungan sebagai kelompok eksperimen sebanyak siswa 34 siswa dan kelas IV SD Negeri 1 Pedungan sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah tes kompetensi pengetahuan IPA. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung= 3,71 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34 + 36 – 2 = 68 diperoleh ttabel = 1,67. Hasil analisis menunjukan thitung = 3,71 > ttabel 1,67, maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA anatara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Quantum Teaching berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan Tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor post-test kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh kelompok eksperimen = 82,79 lebih besar dari rata-rata skor post-test kelompok kontrol = 74,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV.References
Agung, A.A. Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Al-Husna, N. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. 8(3), 154–158.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual. 41–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar –Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pascsarjana Undiksha.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovative (Teori Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme bagi Guru). Jakarta: AV Publisher.
DePorter, Bobbi dkk. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Dewi, Ratih Paramita dkk. 2016. “Penerapan pembelajaran saintifik berbasis Quantum teaching berbantuan permainan edukatif dapat meningkatkan keaktifan belajar dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IVC SDN 9 Pedungan”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan.
Ermayanti, Kadek. 2017. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol 5 No. 2.
Herlina, W. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus XIII Kecamatan Buleleng”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 10 Januari 2018
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kusno & Joko Purwanto. “Effectiveness of Quantum Learning for Teaching Linear Program at the Muhammadiyah Senior High School of Purwokerto in Central Java, Indonesia”. Educare : International Journal for Educational Studies, Vol.4. 2011
Lestari, Ni Komang Mega. 2018. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol23 No. 2.
Lidia, Simanihuruk. 2017. Pengaruh Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Sw. Betania Medan. SEJ Vol 7 No. 2.
Listyawati, Ni Luh. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 11 Januari 2018
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran: Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ngakan.Ketut, Suadnyana.Nengah,Rinda,.I.W (2014) “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Bermedia Grafis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Panjer”.
Partiwi, Putu Oka. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus II Kecamatan Buleleng”. e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-11). Diakses pada tanggal 10 Januari 2018
Permana dkk. 2016. Keefektifan Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Peterongan Semarang. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 2, 2016, hlm.154. http://journals.ums.ac.id/index.php/ ppd/article/view/3968/3515
Ratnadewi, I Dewa Ayu dkk. 2016. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Seting Quantum Teaching Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Kelas IVB SDN 3 Ubung”.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Selman, Victor, Ruth Corey Selman, Jerry Selman. “Quantum Learning : Learn Without Learning”. International Bussiness & Economics Research journal. Volume 2 Number 4.
Setiawan, Yudi. 2015. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Petang.” E-journal PGSD UNDIKSHA Program Pascasarjana, Volume 3, Nomor 1.
Susiani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning”. e-journal PGSD UNDIKSHA Program Pascasarjana, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 1-10). Diakses pada tanggal 12 Juli 2020
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dam R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyu, M., Putra, I. K., & Suadnyana, I. N. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Pada Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan GaneshaJurusan PGSD, 4(1).
Wati, Iga Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Widayat, Widi. 2014. “Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Sistem Gerak pada Manusia”. Diakses pada bulan Juli 2014
Wijayanti , A. (2016). Pengaruh Quantum Teaching Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD SE-GUGUS 2 Hasanudin. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 34 Tahun ke 5
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.