Model Problem Based Learning Berbantuan Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD

Authors

  • Ni Made Srinadhi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gst. Ag. Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44968

Keywords:

Model Problem Based Learning, Penilaian Proyek, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Rendahnya tingkat pemecahan masalah pada siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi dalam pemanfaatan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Penilaian Proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD sebanyak 8 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas V SD sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan metode tes berupa tes objektif. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varians.  Nilai Rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 81,122 dan kelompok kontrol yaitu 74,750. Berdasarkan analisis menggunakan uji t diperoleh thitung sama dengan 3,426 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dk sama dengan 75 diperoleh nilai ttabel sama dengan 1,992. Oleh karena thitung   sama dengan 3,426 lebih dari ttabel sama dengan 1,992 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan penilaian proyek dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD. Simpulan terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning berbantuan penilaian proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD.

Author Biographies

Ni Made Srinadhi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gst. Ag. Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agustino, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD, 5(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/14427/8807.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.

Arinata, A. C. D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10832 .

Astraman, K. A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10907 .

Cahyadi, I. W. M. (2016). Penerapan Model TGT Meningkatkan PEnguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VB SD Negeri 8 Pemecutan. Mimbar PGSD, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7521/5143.

Christiana, P. P. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar PGSD, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2031/1771.

Dharmaningsih, N. L. P. S. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Keterampilan IPA Dan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5017/3785 .

Dianawati, N. L. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10985 .

Diawati, L. P. (2018). Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar Ilmu, 23(2), 113–121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/16417/9835. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417

Febbriana, I. M. R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD, 7(2), 249–156. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/17737/10734.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Lestari, S. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. Mimbar PGSD, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7677 .

Mariani, L. J. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus VI. Mimbar PGSD, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7235/4940.

Mega Lestari, N. K., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan. Mimbar Ilmu, 23(2), 123–132. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16418. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16418

Muga, W., & D. N. L., L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863

Permana, I. P. B. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD, 5(3), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/12063/7710.

Putra, A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2), 1–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10843/6945 .

Putri, Ni M.C.D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960.

Putri, Ni Made Canessia D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Rismawati, N. W. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 351–360. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/19509/11554. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19509

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8720.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Sukadana, I. W. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Pengetahuan IPA Tema Cita-citaku Siswa Kelas IVA SDN 22 Dauh Puri. Mimbar Ilmu, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5040/3804.

Wahyuni, D. A. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/download/19341/11437.

Wahyuni, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus IV Blahbatuh Tahun Ajaran 2017/2018. E-Journal PGSD, 6(1).

Wedayanti, I. A. K. L. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Kartu Warna Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.

Wiranata, P. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10739/6845.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Srinadhi, N. M., & Negara, I. G. A. O. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Penilaian Proyek Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 95–102. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44968

Issue

Section

Articles