Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Penilaian Proyek terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Ni Made Srinadhi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gst. Ag. Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Model Problem Based Learning, Penilaian Proyek, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Rendahnya tingkat pemecahan masalah pada siswa terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi dalam pemanfaatan model pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Penilaian Proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD Gugus II Abiansemal sebanyak 8 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas V SD No. 1 Selat sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas V SD No.1 Taman sebagai kelompok kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan metode tes berupa tes objektif. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varians.  Nilai Rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 81,122 dan kelompok kontrol yaitu 74,750. Berdasarkan analisis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,426 dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dk = 75 diperoleh nilai ttabel = 1,992. Oleh karena thitung   = 3,426 > ttabel = 1,992 maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan penilaian proyek dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning berbantuan penilaian proyek terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian agar lebih optimal.

Author Biographies

Ni Made Srinadhi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gst. Ag. Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agustino, I Kadek, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 3 (halaman 1-9). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/14427/8807

Arinata, Ayu Chandra Dewi. 2017.”Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Volume: 5 Nomor: 2 (halaman 1-9). Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10832

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara

Astraman, Kd Agus, dkk. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. Vol 5, No 2 (halaman 1-10). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10907

Cahyadi, I Wayan Mei, dkk. 2016. Penerapan Model TGT Meningkatkan PEnguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VB SD Negeri 8 Pemecutan”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 (Halaman 1-10). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7521/5143

Christiana, Putu Pande, dkk. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 (halaman -). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2031/1771.

Dewi, Ni Made Juwita, dkk. 2017a. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (halaman 1-10). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10657

Dewi, Ni Md. Yulia, dkk. 2017b. Pengaruh Model Problem Based Learning Bermuatan Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (halaman 1-10). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10713/6816

Dharmaningsih, Ni Luh Pt Sri, dkk. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Keterampilan IPA Dan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas IV SD”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5017/3785

Dianawati,Ni Luh Pt,dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (halaman 1-11). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10985

Diawati, Luh Putri, dkk. 2018. “Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa”. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 No. 2 (halaman 113-121). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/16417/9835

Febbriana, I Made Ryan Aditha, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa”. Universitas Pendidikan Ganesha: Mimbar PGSD Undiksha, Vol 7 No. 2 (halaman 249-156). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/17737/10734

Lestari, Sri Ayu. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 (halaman 1-10). Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7677

Lestari, Ni Komang Mega, dkk. 2018. “Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 No. 2, (Halaman 1-10) Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/16418/9836

Mariani, Luh Juni, dkk. 2016. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus VI”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 (halaman 1-10). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7235/4940

Permana, I Putu Bayu Adi, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study SD Kelas V”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. Vol 5, No 3 (halaman 1-11). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/12063/7710

Putra, Adhi Suarjana, dkk 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (halaman 1-13). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10843/6945

Putri, Ayu Ade Anjelina. 2018a. “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD”. Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 No. 1. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/16407/9826

Putri, Ni Made Canessia Dwika, dkk. 2018b. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V”. Universitas Pendidikan Ganesha: Mimbar PGSD Undiksha Vol: 7 No: 2 (halaman 54-64). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/17471/10494

Rismawati, Ni W Rawa, dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Universitas Pendidikan Ganesha: Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 2 No. 3 (halaman 351-360). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/19509/11554

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Sugiyono.2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukadana, I Wayan, dkk. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Pengetahuan IPA Tema Cita-citaku Siswa Kelas IVA SDN 22 Dauh Puri”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5040/3804

Wahyuni, I G A Winda Dwi, dkk. 2017a. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (hal 1-10). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10722/6825

Wahyuni, Dewa Ayu Indra, dkk. 2017b. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Universitas Pendidikan Ganesha: JP2, Vol 1 No 3. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/download/19341/11437

Wedayanti, Ida Ayu Ketut Laksmi, dkk. 2017. Pengaruh Model PBL Berbantuan Kartu Warna Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (halaman 1-11). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10793/0

Wiranata, Putu Ardi. 2017.”Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Universitas Pendidikan Ganesha: e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 (hal 1-10). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10739/6845

Published

2023-01-26

How to Cite

Srinadhi, N. M., & Negara, I. G. A. O. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Penilaian Proyek terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus II Abiansemal Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/44968

Issue

Section

Articles