Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44990Keywords:
Probing Prompting, Pemahaman Konsep MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Probing Prompting dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa SD. Penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pencatatan dokumen. Berdasarkan beberapa artikel penelitian sejenis yang terkumpul melalui studi kepustakaan dengan teknik pencatatan dokumen, diperoleh delapan penelitian yang memenuhi kriteria dan merupakan penelitian eksperimen yang mengangkat tentang model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran matematika. Terdapat dua teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan meta-analisis. Berdasarkan hasil analisis delapan penelitian diperoleh secara keseluruhan rata-rata effect size model pembelajaran probing prompting adalah sebesar 0,67. Angka effect size tersebut berada pada kategori sedang. Meskipun besaran pengaruh effect size secara keseluruhan berada pada kategori sedang, model pembelajaran probing prompting tetap memenuhi kualifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Temuan beberapa penelitian membangun dan menguatkan suatu kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbukti bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun datar.
References
Agustin, F., Kodirun, & Suhar. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kulisusu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1).
Alfian, M. H., Dwijanto, & Sunarni. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Strategi Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal Of Mathematics Education, 6(2).
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education., 14(1). DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.
Astuti, S., Ervin, & Ayu, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 193 Jakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.
Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurusan Pendidikan Matematika, 2(2). DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495
Dewi, N. K. D. K., Riastini, P. N., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran arias terhadap pemahaman konsep matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Candikusuma. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2). DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Febriyanto, B., H, Y. D., & Oom, K. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Hamdi, A. S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish Publisher.
Hartantik. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Model Learning Cycle (Pembelajaran Bersiklus) Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4).
Hermawan, I. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Methode. Hidayatun Quran.
Huda, M. (2017). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Indrijati. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Karwati, N. P. R., Wiyasa, K. N., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, VIII(23), 189–196. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16232. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16421
Lestari, W. (2017a). Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Sisw Materi Segi Empat. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2). DOI: https://doi.org/10.33654/math.v4i3.108
Lestari, W. (2017b). Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan Geoboard Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Segi Empat. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.825. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Perssindo.
Purwadi, I. M. A., & Suarsana, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Smp Negeri 3 Sukasada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 8(2).
Putra, R., Gustimal, W., & Mahmud, A. (2017). Pengaruh Teknik Probing Prompting Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2).
Rosdianwinata, E., & Ridwan, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1). DOI: https://doi.org/10.30653/003.201841.46
Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-penelitian di Fakultas Psikoloi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1). DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1976
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Syamsuriyawati, & Dedy, S. (2019). Efektivitas Model Pembelajarna Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Siswa Kelas VII SMP Hang Tuah Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). DOI: https://doi.org/10.36815/majamath.v2i1.350
Utari, T. (2015). Keefektifan Model Pembelajara Probing Promptingn Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuann Komunikasi Matematis. Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Semarang.
Wijana, N. (2015). Kontinuitas Penelitian Dosen UNDIKSHA dalam Bidang Kecakapan Hidup (Soft Skill) Tahun 2009-2014. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA, 49–55.
Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal EduHumaniora, 6(2). DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575
Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Kencana.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.