Inovasi Model Student Facilitator and Explainning (SFAE) berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kompetensi IPA

Authors

  • Ni Luh Kade Riska Pratami Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

SFAE, Mind Mapping, IPA

Abstract

Pembelajaran IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan yang merangsang siswa untuk aktif terlibat di dalamnya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya di satuan pendidikan, kompetensi pengetahuan IPA siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan rancangan penelitian ialah non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 492 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelompok eksperimen sebanyak 28 orang dan kelompok kontrol sebanyak 26 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode tes jenis objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri atas 40 butir soal. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis uji-t, diperoleh t-hitung (2,065) lebih besar daripada t-tabel (2,006) pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 52 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.

References

Amini, Salsabila, R., Nst, M. S., Putri, E., & Syafitri, R. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Ira Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelaran Index Card Match Pada Pelajaran IPA Terpadu Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 02(01), 1–6. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/JP-IPA

Anggraini, P. A. D., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2023). Student Facilitator Learning Model and Concept Map-Assisted Explanation on Interests and Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Psychology and Instruction, 7(1), 43–53.

Arief, M. M. (2021). Keterampilan Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MI/SD dan Sikap Ilmiah. Jurnal Darussalam, 22(2), 1–18.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Bagaskara, I. M. Y., Sudana, D. N., & Yudiana, K. (2020). The Positive Impact of SFE Learning Model Assisted with Mind mapping Media Toward Students’ Knowledge Competence in Science. Journal of Education Technology, 4(3), 317. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.27098

Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269–279. https://doi.org/10.23887/JP2.V3I2.26615

Gustiani, & Aufa. (2023). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Magnet di Kelas 6 SD Al Washliyah 31 Pekan Labuhan. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2), 31–41.

Ilan, B. A., Nasar, I., & Tarsan, V. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 137–145.

Lumbangaol, T. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi “Teks Panjang” Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 173346 Dolok Martumbur Kecamatan Muara Kelas IV T.P 2018/2019. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(2), 27–34. https://doi.org/10.51178/jetl.v2i2.62

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Muliadi, Purnama, A. D. W., & Sudarto. (2022). Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Guru pada Pembelajaran IPA: Studi di SD Negeri 53 Pabbambaeng Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(01).

Nabila, N., Harjono, A., & Ermiana, I. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses IPA Kelas IV dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFE). BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 24–30. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.212

Nurfadila, Nurlina, & Ma’ruf. (2023). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students Through Integrated Problem-Based Learning Model with Mind Mapping. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1373–1380.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Sisiwa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3).

Putri, Y. E. A., Winarsih, E., & Kamiran. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Peta Konsep Buku Fiksi Dengan Menggunakan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Bringin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Keagamaan, 21(1).

Ruhama, I. A., & Erwin. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849.

Rusmiati, Nadrah, & Anisa. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda melalui Model Student Facilitator and Explaining pada Murid Kelas IV SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 10294–10307.

Susanto, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Kauma. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 186–193.

Sutrisno, Wardah, Panjaitan, M., Marlina, S., Manurung, A. K. R., Sinaga, M., Lasty, W. F., Lestari, E., Sari, W., & Abidin, Z. (2023). Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi. Tahta Media.

Syahputri, N. R., & Murdiono, M. (2022). The Impact of Digital-Based Mind Map on Creative Thinking Skills in Civic Education Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 78–85. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v11i1.34154

Wiraputra, I. P. F. A., & Jampel, I. N. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 375–386.

Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(2).

Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan, 1(1), 474–479.

Published

2024-03-01

How to Cite

Putri, N. L. K. R. P., Ganing, N. N. ., & Suniasih, N. W. . (2024). Inovasi Model Student Facilitator and Explainning (SFAE) berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kompetensi IPA . Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/69442

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>