Pentingnya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Animasi Berbasis Discovery Learning Kelas V SD

Authors

  • I Gusti Agung Permana Permana Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. W. Suniasih Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Video Pembelajaran, Discovery Learning, ADDIE, IPA

Abstract

Belum adanya penggunaan media pembelajaran yang tepat dan kurangnya variasi dalam kegiatan pembelajaran IPA pada kelas V SD menyebabkan semangat siswa menurun. Maka dari itu diperlukannya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media berupa video pembelajaran animasi berbasis discovery learning untuk siswa kelas V SD. Jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari para ahli yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran serta siswa kelas V yaitu 3 orang uji coba perorangan, dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara tidak terstruktur dan kuesioner/angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik memperoleh skor 90,39%, hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik memperoleh skor 100%, hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik memperoleh skor 89,29%, hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik memperoleh skor 96,21%, serta hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik memeroleh skor 90,93%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa video pembelajaran animasi berbasis discovery learning untuk siswa kelas V SD layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa dapat belajar menggunakan media ini untuk meningkatkan motivasi belajar serta Guru memiliki sumber tambahan yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran dan mengetahui langkah-langkah pembelajaran yang dapat diterapkan dalam muatan IPA.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Alavudeen, S. S., Easwaran, V., Mir, J. I., Shahrani, S. M., Aseeri, A. A., Khan, N. A., Almodeer, A. M., & Asiri, A. A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal, 29(7), 775–780. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292

Arini, N. L. P. D., & Agustika, G. N. S. (2021). Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 50–59.

Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19-A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2), 100503. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503

Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094

Bus, A. G., Neuman, S. B., & Roskos, K. (2020). Screens, Apps, and Digital Books for Young Children: The Promise of Multimedia. AERA Open, 6(1), 233285842090149. https://doi.org/10.1177/2332858420901494

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501

Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

de Koning, B. B., Marcus, N., Brucker, B., & Ayres, P. (2019). Does observing hand actions in animations and static graphics differentially affect learning of hand-manipulative tasks? Computers & Education, 141, 103636. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103636

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525

Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775

Egok, A. S., & Hajani, T. J. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar Kota Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 1(2), 141–157. https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.446

Gallagher, C. (2019). The use of a multimedia case to prepare classroom teachers of emergent bilinguals. Teaching and Teacher Education, 84, 17–29. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.011

Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), e00786. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786

Haddock, L., Cannon, K., & Grey, E. (2020). A Comparative Analysis of Traditional and Online Counselor Training Program Delivery and Instruction. The Professional Counselor, 10(1), 92–105. https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92

Hajhashemi, K., Caltabiano, N., & Anderson, N. (2018). Multiple Intelligences, Motivations and Learning Experience Regarding Video-Assisted Subjects in a Rural University. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers & Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747

Huang, S.-Y., Kuo, Y.-H., & Chen, H.-C. (2020). Applying digital escape rooms infused with science teaching in elementary school: Learning performance, learning motivation, and problem-solving ability. Thinking Skills and Creativity, 37, 100681. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681

Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). PROFIL LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PENDIDIK IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185

Johansson, L. G., Grønvad, J. F., & Budtz Pedersen, D. (2020). A matter of style: Research production and communication across humanities disciplines in Denmark in the early-twenty-first century. Poetics, 83, 101473. https://doi.org/10.1016/j.poetic.2020.101473

Kühl, T. (2021). Prerequisite knowledge and time of testing in learning with animations and static pictures: Evidence for the expertise reversal effect. Learning and Instruction, 73, 101457. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101457

Lai, A.-F., Chen, C.-H., & Lee, G.-Y. (2019). An augmented reality-based learning approach to enhancing students’ science reading performances from the perspective of the cognitive load theory. British Journal of Educational Technology, 50(1), 232–247. https://doi.org/10.1111/bjet.12716

Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of Multimedia Instructional Message on Motivation and Academic Performance of Elementary School Students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 491–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a

Mohd Saiboon, I., Musni, N., Daud, N., Shamsuddin, N. S., Jaafar, M. J., Hamzah, F. A., & Abu Bakar, A. (2021). Effectiveness of Self-Directed Small-Group-Learning Against Self-Directed Individual-Learning Using Self-Instructional-Video in Performing Critical Emergency Procedures Among Medical Students in Malaysia: A Single-Blinded Randomized Controlled Study. Clinical Simulation in Nursing, 56, 46–56. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006

Moll-Khosrawi, P., Cronje, J. S., Zöllner, C., Kubitz, J. C., & Schulte-Uentrop, L. (2021). Understanding how the motivational dimension of learning is influenced by clinical teaching in medical education: A prospective cohort study. Annals of Medicine and Surgery, 65, 102366. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2021.102366

Mufidah, I., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 449. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27357

Nurfadhillah, S., Andriyanto, A., Shadiqa, C. D., & ... (2021). Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1. …, 3(April), 177–197. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1290%0Ahttps://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/1290/901

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2021). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777

Putra, I. M. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas IV SD. 8(1), 57–65.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Ran, W., & Jinglu, L. (2020). The Design and Development of Digital Books for E-learning. 2020 4th International Conference on Artificial Intelligence and Virtual Reality, 51–55. https://doi.org/10.1145/3439133.3439140

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA. JURNAL REFORMA, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81.

Ružičić, V. (2021). Development of Methodology Successful Realization of the Teaching Process. Узданица, 18(1), 231–244. https://doi.org/10.46793/Uzdanica18.1.231R

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32843

SILMI, M., & RACHMADYANTI, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/download/23611/21586

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Suci Lestari, N. K. A., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3249

Syahyudin, D. (2020). PENGARUH GADGET TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI SISWA. Gunahumas, 2(1), 272–282. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Weng, C., Otanga, S., Weng, A., & Cox, J. (2018). Effects of interactivity in E-textbooks on 7th graders science learning and cognitive load. Computers & Education, 120, 172–184. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.008

Weng, S.-S., & Chen, H.-C. (2020). Exploring the Role of Deep Learning Technology in the Sustainable Development of the Music Production Industry. Sustainability, 12(2), 625. https://doi.org/10.3390/su12020625

Whesli, H., & Hardini, A. T. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 698–704. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.345

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. 9(2), 195–205.

Widiatsih, A., Wulandari, R., & Muarif, S. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Rekayasa, 13(2), 187–196. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i2.5904

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI 1 BLAHKIUH KECAMATAN ABIANSEMAL. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741

Yuliana, I., & Hastiana, Y. (2019). Metode Praktikum Dengan Media Powerpoint Interaktif Improving Cognitive Ability of Students Through. Didakti Biologi :Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 19–25.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706

Zhang, J., Liao, G., & Li, N. (2020). Combining active learning and local patch alignment for data-driven facial animation with fine-grained local detail. Neurocomputing, 398, 431–441. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.05.102

Published

2022-08-02

How to Cite

Permana, I. G. A. P., & N. W. Suniasih. (2022). Pentingnya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Animasi Berbasis Discovery Learning Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/50969

Issue

Section

Articles