Pengembangan Media Muvizu untuk Mengetahui Kelayakan Media Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Pilangbango

Authors

  • Taufiq Qurrohman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia
  • Naniek Kusumawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun, Madiun, Indonesia

Keywords:

Aplikasi Muvizu, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi 3D berbasis Muvizu pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang balok dalam bentuk video serta mengetahui hasil belajar dan respons siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan), dengan menggunakan model 4D Thiagarajan (Define, Design, Development, & Dissaminate). Kelayakan produk diukur melalui penilaian validasi oleh para ahli bahasa, materi, media, penilaian angket respon siswa dan angket respon guru. Tingkat kevalidan media renderforest dalam pembelajaran IPA berdasarkan hasil penelitian dari ketiga ahli yaitu Ahli materi sebesar 84,00%, ahli media sebesar 80,00%, ahli bahasa sebesar 86.00% hasil gabungan dari para ahli validasi mencapai persentase 85,5% dengan kategori “sangat layak” tingkat kelayakan media renderforest dalam pembelajaran IPA penilaian angkat respon siswa mendapatkan persentase 90,87% dengan kategori “sangat layak” penilaian angkat respon guru mencapai persentase 90,00% dengan kategori “sangat layak”.

References

Gustia, R., & Susanti, D. (2018). Pengaruh Adversity Quotient Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sman 4 Bukittinggi. Jurnal Ecogen, 1(2), 251.

Mega, A., & Puput Wanarti, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 107-114.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8.

Suryani, A. W. (2020). Journal of Accounting and Business Education. Journal of Accounting and Business Education, 5(September), 38–53.

Susanti, D., Darsono, & Sudarmanto, R. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Drama Berbasis Audio Visual mata pelajaran ips terpadu. Jipsindo, 1, 1–12.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S dan Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Published

2023-01-26

How to Cite

Taufiq Qurrohman, & Naniek Kusumawati. (2023). Pengembangan Media Muvizu untuk Mengetahui Kelayakan Media Belajar Matematika Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Pilangbango . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/51200

Issue

Section

Articles