Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Pada SIswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Wordwall
Keywords:
Kompetensi Pengetahuan, IPA, Model Inkuiri, Media WordwallAbstract
Siswa sering merasa bosan saat pembelajaran IPA dikarenakan model pembelajaran yang monoton dan kurang menarik, pembelajaran IPA tidak cukup dijalani pembelajaranya hanya dengan menyampaikan informasi tentang konsep IPA saja, tetapi juga harus memahami proses dengan melakukan pengindraan melalui kegiatan demonstrasi dan Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis model pembelajaran Inkuiri berbantuan media wordwall Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 423 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode tes. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan ganda.Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model inkuiri berbantuan media wordwall adalah 83,33, sedangkan rata-rata siswa dengan siswa yang tidak menggunakan model inkuiri adalah 56,66. Hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat dibuktikkan melalui hasil analisa data statistik “uji t test” Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 11.38 sedangkan ttabel dengan dk = 2.00 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,002. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan selisih tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran sehat itu penting. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima
References
Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agung, A.A.G. 2017. Evalusasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Agung,A.A.G. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang:
Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. 2020. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Aprilya, A. P. (2020). Penggunaan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran. Ahlimedia Book.
Febriana, Rina. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. 2017. Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.
Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chaseae Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41-47.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Nurdyansyah, dan Eni Fariyatul Fahyuni. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulm 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.
Nurhamida, N., & Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Muatan PKN Pada Materi Hak Dan Kewajiban Terhadap Tumbuhan Kelas 4 Di SDN 16 Gunung Tuleh Pasaman Barat Sumatera Barat. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1249-1255).
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
Pratiwi, C. O., Atep, S., & Asep, K. J. (2017). Penerapan Model
Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Sumedang: Jurnal Pena Ilmiah.
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsurizal, S. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur.
Susilowati, W. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Inquiry Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Pada Mata Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 211-216.
Sari, K. A. D. R., Wiyasa, K. N., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 23(2), 104-112.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru sdit Al-Kahfi. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.
Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan
Susilowati, W. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Inquiry Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Pada Mata Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 211-216.
Syamsurizal, S. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15-21.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.