Pengembangan Bahan Ajar Literasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengurangi Learning Loss Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 3 Banjar Jawa

Authors

  • I Gusti Ayu Manik Aprilia Astuti Manik Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Bahan Ajar, Learning Loss, Literasi Berbasis Kearifan Lokal.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi membaca siswa akibat dari pembelajaran jarak jauh yang berlangsung selama masa pandemi. Serta, guru di sekolah dasar belum menyusun bahan ajar dengan mengkolaborasikannya dengan nilai-nilai kearifan lokal bali dan kegiatan literasi belum optimal. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu : (1) menghasilkan rancang bangun perangkat pembelajaran, (2) menganalisis valisitas isi bahan ajar, (3) menganalisis respon praktisi terhadap bahan ajar, (4) menganalisis efektivitas  bahan ajar bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal untuk mengurangi learning loss peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal, objek penelitian yaitu validitas isi, desain, dan media bahan ajar, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar. Metode pengumpulan data yaitu observasi , wawancara, tes dan kuisioner. Bentuk instrument berupa rating scale, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) penelitian ini berhasil mengasilkan bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal untuk mengurangi learning loss siswa kelas V SD. (2) tingkat pencapaian validitas media sebesar 90,66%, validitas isi sebesar 93,33%, dan validitas desain sebesar 92%, hal ini menunjukan jika validitas mencapai predikat sangat baik. (3) tingkat pencapaian respon praktisi/ guru memperoleh nilai 93,84% dengan predikat sangat baik; dan (4) nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 atau p<0,05 (taraf signifikasi 5%). Hal ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Bahan Ajar Literasi Berbasis Kearifan Lokal.

Kata kunci: Bahan Ajar, Learning Loss, Literasi Berbasis Kearifan Lokal.

References

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2, 485–501. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index

Arianingsih, B. D., Arjudin, A., Wulandari, N. P., & Sridana, N. 2022. “Kepraktisan Media Tutorial Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Pokok Bangun Ruang”. Griya Journal of Mathematics Education and Application, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 364–374).

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-diIndonesia.pdf

Ghanizadeh, A., Al-Hoorie, A. H., & Jahedizadeh, S. (2020). Higher order thinking skills. Second Language Learning and Teaching, 9(1), 1–51.

https://doi.org/10.1007/978-3-030-56711-8_1

Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. 2020. “Integrasi Kearifan Lokal Bali di Dunia Pendidikan”. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar E-Journal Unmas, Volume 3, (hlm. 189–194).

Kurnianingsih, H. O., Fajriyati, A. N., Sa’diyah, I., & Rokhmaniyah, R. 2017. “Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal di LIPI Karangsambung sebagai Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Semangat Belajar Siswa SD”. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. 2020. “Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar”. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 6, Nomor 2 (hlm.191–203).

Pujihastuti, I. (2010). Isti Pujihastuti Abstract. Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.

Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di Sman 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Rethusa, V., Lusa, H., & Hasnawati, H. 2020. “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Volume 3, Nomor 3 (hlm. 391–401).

Rusilowati, A. (2016). Unnes Physics Education Journal. 5(3).

Sari, M. (2015). Instrumen Penelitian. Journal Metode Penelitian, 59–75.

Sovayunanto, R. (2022). Learning Loss Dan Faktor-Faktor Penyebab Di Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 12.

https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6001

Susani, R. G. 2017. “Menumbuhkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Melalui Membaca Ekstensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi”. Journal of Chemical Information and Modeling, (hlm. 1–13).

Sutama, & Suranata. (2014). Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan,26(2),116–123.

http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92.

https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Zamzami, N. D., Nurhayati, N., Sofiyulloh, M. W., & Salimi, M. (2016). Ragam Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. 346–352.

Published

2023-01-26

How to Cite

Manik, I. G. A. M. A. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Literasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengurangi Learning Loss Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 3 Banjar Jawa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/57855

Issue

Section

Articles