Instrumen Hasil Belajar IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sukasada

Authors

  • Ni Luh Deni Ambarawati Deni Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

instrumen hasil belajar, IPS, pendekatan heutagogy, kearifan lokal Bali sistem subak

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam penilaian yang dilakukan guru kelas V dan guru yang kurang mengaitkan kearifan lokal Bali pada pembuatan instrumen hasil belajar. Tujuan penelitian ini menghasilkan validasi isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan kualitas pengecoh instrumen hasil belajar IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak. Jenis penelitian yaitu R&D dengan model pengembangan 4D (Four-D). Subjek penelitian yaitu, instrumen hasil belajar IPS dan objek penelitian yaitu validasi isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kualitas pengecoh instrumen hasil belajar IPS. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) CVI sebesar 1 artinya validasi isi instrumen memehuni syarat sangat baik; (2) hasil analisis validitas instrumen 25 soal valid dan 5 butir soal tidak valid; (3) reliabilitas instrumen sebesar 0,936; (4) tingkat kesukaran instrumen sebesar 0,663 kategori sedang; (5) daya beda insterumen sebesar 0,440 kategori baik (6) diperoleh 14 pengecoh tidak berfungsi dengan baik dan 61 pengecoh berfungsi dengan baik

References

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. Jinop, 4 No.1, 37.

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Alhudawi, U., & Malihah, E. (2020). Kearifan Lokal Aktivitas Masyarakat Hindu Bali Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 241. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p241-251

Adnyana, P. B. (2016). Subak Sebagai Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan LokaL. 142–147.

Afriyadi, F. (2015). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Atasan Dan Bawahan Karyawan Pt . Borneo Enterprsindo Samarinda. 3(1), 362–376.

Alhudawi, U., & Malihah, E. (2020). Kearifan Lokal Aktivitas Masyarakat Hindu Bali sebagai Sumber Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 241. https://doi.org/10.17977/um019v5i2p241-251

Andre Payadnya, I. G. A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP, 4 No.1, 37.

Blashcke, L. M. (2016). Strategi Penerapan Self-Determined Learning (Heutagogy) dalam Pendidikan: Perbandingan Tiga Institusi (Australia, Afrika Selatan, dan Israel). Research Gate, 10.

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal Education and Development, 8 No.2, 468.

Erniwati, Arafah, K., & Syahrul. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Inpres Loka Kabupaten Bantaeng.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Sinar Grafika Offset.

Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa : Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan, 13 No. 2, 208.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3 No.1, 37.

Gunawan, I. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 1–13.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal Education and Development, 8 No.2, 468.

Erniwati, Arafah, K., & Syahrul. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Inpres Loka Kabupaten Bantaeng.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Sinar Grafika Offset.

Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa : Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan, 13 No. 2, 208.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3 No.1, 37.

Gunawan, I. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 1–13.

Hidayani, M. (2017). Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(1), 150–165.

Hidayati, D. (2016). Memudarnya Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air ( Waning Value Of Local Wisdom In The Management Of Water Resources ). 11(1), 39–48.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogy serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65-71.

Hotimah, & Ulyawati Siti Raihan. (2020). Pendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 152–159. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/602

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. 2(2), 151–165.

Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar Integrasi Kearifan Lokal Bali Di Dunia Pendidikan. E-Journal Unmas, 3, 189–194.

Irawati, R., Kurnia, D., Nugraha, D., Sumedang, P. P. A. E. U. M. K. S. S. D. D. K. S. K., & Riana Irawati, Dadang Kurnia, Dadan Nugraha, D. (2021). JURNAL PASCA DHARMA PENGABDIAN Pelatihan Perancangan Alat Evaluasi Untuk Menilai Kompetensi. 2(2), 91–95. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPDPM/article/view/29088/17224

Lubis, M. A. (2016). Pembelajaran Tematik di SD/MI (1st ed.). Penerbit Samudra Biru.

Marcelo. (2016). Chaos control and sensitivity analysis of a double pendulum arm excited by an RLC circuit based nonlinear shaker. Journal of Vibration Adn Control, 22(17), 32.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 25(2), 262–270.

Mulyatiningsih, E., Munif, N., & Sugiyono. (2022). Dampak Pendekatan Heutagogy terhadap Tanggung Jawab Belajar Online pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22 No.1, 2.

Musslifah, A. R. (2012). Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau dari Kecenderungan Locus of Control. Talenta Psikologi, 1(2), 137–150.

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94.

Nengsih, N. R., Yusmaita, E., & Gazali, F. (2019). Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104017

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177–181.

Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 543–556.

Pengajaran, P. D. A. N. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. 11(2), 220–233.

Pratiwi, N. G., Miranti, M. G., Astuti, N., & Bahar, A. (2020). Pengembangan Buku Ajar pada Materi Chocolate Confectionary dengan Menggunakan Pendekatan Heutagogy. Jurnal Tata Boga, 9 No.2, 786.

Primayana, K. H., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2020). PERAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN. 4(2).

Priyanto, D. (2016). Uji Kualitas Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI SD di Purwokerto.

Putranto, A. (2017). Peran IPS dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia Anggoro. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, I(April), 112–120.

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.

Sari, D., Maisharoh, Putra, H. N., Zurahhmah, Apriani, W. D., & Liantama, W. (2022). Implementasi Quizizz Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Sallingka Abdimas, 2 No. 1, 84.

Siska, Y., Yufiarti, Y., & Japar, M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213.

Suryawati, I. G. A. A., & Santhiarsa, I. G. N. N. (2020). Literasi Budaya Bali : Kajian Filsafat Ilmu Tentang Keadilan Dalam Sistem Subak. Jurnal Nomosleca, 6(1), 47–52. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i1.3960

Trisna, A. S., Wahyudin, D., Rusman, Riyana, C., & Pragholapati, A. (2022). Kurikulum Kearifan Lokal Bali Berbasis Heutagogy. Journal of Elementary School, 5 No. 1(130).

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139–150.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 No. 2, 179.

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81–88.

Wulandari, T. (2015). Pembelajaran Ips Sebagai Media Penanaman Nasionalisme. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 8(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3718

Yeny, I., Yuniati, D., & Khotimah, H. (2016). Kearifan Lokal Dan Praktik Pengelolaan Hutan Bambu Pada Masyarakat Bali. Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 13(1), 63–72. https://doi.org/10.20886/jsek.2016.13.1.63-72

Yulyani, Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandari. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sschool Education Journal, 10 No. 2, 185.

Zubaidillah, M. H. (2018). Prinsip dan alat evaluasi dalam pendidikan islam. 1–13.

Published

2023-01-27

How to Cite

Deni, N. L. D. A. (2023). Instrumen Hasil Belajar IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sukasada. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/57859

Issue

Section

Articles