Pengembangan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Nyoman Witari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Panduan Pembelajaran, Literasi Baca Tulis, Keterampilan Abad 21

Abstract

Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting dukuasai pada abad ke-21. Namun setelah dilakukan observasi awal ternyata banyak dijumpai bahwa literasi baca tulis siswa masih rendah. Oleh karena itu berdasarkan hasil analisis kebutuhan maka dirasa perlu adanya pengembangan panduan pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21 pada siswa kelas III sekolah dasar. Panduan ini dirasa perlu dikembangkan untuk mengatasi permasahan yang dijumpai di lapangan. Panduan ini diharapkan mampu membantu guru dalam memberikan pembelajaran literasi baca tulis sehingga mampu meningkatkan literasi siswa sekaligus meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Panduan yang telah dikembangkan, diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan secara berkelanjutan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, panduan pembelajaran literasi baca tulis layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran literasi. Panduan yang dikembangkan juga efektif meningkatkan litrerasi dan keterampilan abad 21 siswa. sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran literasi.

References

Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara, 2(8), 96.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa smp kota bekasi. Basastra, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778

Belakang, a L. (2009). Century Themes Are Surrounded By Three Sets of Skills Most in Demand in the 21. i, 1–14.

Daryanto. (2017). Pendidikan Abad 21. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Dewi, D. P. (2022). Optimalisasi Pemahaman Memaknai Kalimat Pada Soal Cerita Menuliskan Bilangan Pecahan Dalam Modul kelas III SD. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 445–452.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Fay, D. L. (1967). Pengertian Literasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9–41.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Hughes, R. (2008). desain penelitian pengembangan (R&D). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Ifadah, A. S. (2020). Literasi : Pemahaman Konsep Budaya Literasi Baca - Tulis Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(2), 290–296. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2419

Ii, B. A. B., & Menulis, A. (2019). Menulis. 20.

Ii, B. A. B., & Teori, A. L. (2019). Hambatan Gerakan Literasi…, Erwin Widiyanti, FKIP UMP, 2019. 6–39.

Lisnawati, I dan Ertinawati, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.

Munawaroh, I. (2021). Pembelajaran 2. Karakter Peserta Didik. Modul Belajar Mandiri, 45–64.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rohmawati, A. (2015). Usia Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Taylor, & Mackenney. (2008). Kajian Teori Literasi Membaca. 12–39.

Thiagarajan, S., D., & Semmel, dan M. I. S. (1974: 5). (1974). pengembangan model 4-D. Model pengembangan 4-D (Four D). International Journal of Science, 89. https://eprints.uny.ac.id/30076/4

Windarto, H. K. (2020). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 303–311. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775

Published

2023-01-27

How to Cite

Ni Nyoman Witari. (2023). Pengembangan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/57864

Issue

Section

Articles