Pengaruh Pembelajaran Literasi Baca Tulis Terhadap Keterampilan HOTS Siswa Kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.

Authors

  • Kadek Ririn Damayanti Putri Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Literasi baca tulis, Keterampilan abad 21, Keterampilan HOTS.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kegiatan literasi baca tulis di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21 terhadap keterampilan HOTS siswa kelas III. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan rancangan non aquivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng yang berjumlah 250 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, didapatkan SD Negeri 1 Paket Agung sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 60 siswa dan SD Negeri 1 Astina sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Rata-rata skor keterampilan HOTS siswa di kelas eksperimen adalah 79,78 berada pada kategori baik dan di kelas kontrol 67,55 berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran literasi baca tulis berbasis keterampilan abad 21 terhadap keterampilan HOTS siswa kelas III Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31.

Bagus, I., Eka, P., Sekolah, S., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (n.d.). Pembelajaran Abad 21 Dan Pengembangan Program Studi Filsafat Hindu Di Stahn Mpu Kuturan Singaraja.

Darmawan, I. P. A. (2020). Estetika Panca Suaradalam Upacara Yadnya diBali. Jñānasiddhânta: Jurnal Teologi Hindu, 2(1), 61-70.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108.

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (n.d.). Karakteristik HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar.

Jatinangor, I., & Sumedang, K. (n.d.). Eti Sumiati, Wijonarko. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Merta Dhewa, K., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The development of Higher Order Thinking Skill (Hots) instrument assessment in physics study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 26-32.

Moh. Zainal Fanani. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, Vol. II, No.1, 57–76.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25.

Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 113. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970

Pendidikan, K., & Jakarta, K. (2017). PANDUAN GERAKAN LITERASI NASIONAL.

Pgmi, D., Nurul, S., Oku, H., & Selatan, S. (n.d.). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Resti Septikasari Rendy Nugraha Frasandy.

Pratiwi, U., dan Fasha, E. F. (2015). “Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin dalam Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), November 2015, 123-142 E-Issn 2477-2038.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Rini, T. A. (2018). Program Baca Tulis Asik, Kreatif Dan Komunikatif di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(2), 133-141.

Setyaningrum, S. I., Sulistya Wardani, N., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Scientific Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD The Effect Of Scientific Snowball Throwing Learning On Interest In Learning For Class 5 SD Students. Cahaya Pendidikan, 5(1), 33–46.

Siti, Y., Zusnita, L. B., Yulia Zusnita, S., & Badriyah, L. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Berbasis Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta di SD Negeri 4 Pecangaan.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1).

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 173.

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.

Yuni, E., Dwi, W. ;, Sudjimat, A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global (Vol. 1).

Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434-3441

Published

2023-01-27

How to Cite

Kadek Ririn Damayanti Putri. (2023). Pengaruh Pembelajaran Literasi Baca Tulis Terhadap Keterampilan HOTS Siswa Kelas III SD Gugus III Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/57866

Issue

Section

Articles