BAHAN AJAR BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MULTILITERASI

Authors

  • Ngurah Yunda Aditi Iswari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Bahan Ajar, Phenomenon Based Learning, Kecakapan Multiliterasi

Abstract

Kecakapan multiliterasi sebagai tuntutan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, berdasarkan fakta dilapangan literasi siswa terbilang rendah di sekolah dasar, hal tersebut karena masih banyaknya siswa yang belum memahami materi. Selain itu, sumber belajar  kurang menyediakan fasilitas layak bagi sekolah. Sehingga, perlu adanya bahan ajar yang dikembangkan untuk meningkatkan kecakapan multiliterasi siswa. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran berbasis phenomenon based learning digunakan sesuai sintaks kedalam bahan ajar, hal ini didukung juga dari teori perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil dari uji validitas produk oleh ketiga ahli menyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari uji kepraktisan produk bagi guru dan siswa dinyatakan layak digunakan. Hasil dari analisis data pada uji efektivitas pre-test dan post-test didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum menggunakan bahan ajar dan sesudah menggunakan bahan ajar tersebut. Sehingga, bahan ajar berbasis phenomenon based dinyatakan layak/baik, praktis, dan efektif digunakan untuk memperdalam multiliterasi.

References

Afriani, I., Studi, P., Matematika, P., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx

Awang, I. S. (2015). KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Vox Edukasi, 6(2), 108–122.

Azizah, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Multiliterasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di SDIT Cahaya Insani Parakan Temanggung. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43859/1/13410148_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Farida Ardiyanti, W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Kaunia, 9(2), 27–33. https://www.neliti.com/publications/104418/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-fenomena-untuk-meningkatkan-keterampilan-be

GLN. (2016). BUKU SAKU GERAKAN LITERASI SEKOLAH.

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.

Rina Fitrianingsih, M. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN STRAPLESS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU. 4(1), 1–6.

Sukmadinata, & Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Published

2023-01-27

How to Cite

Ngurah Yunda Aditi Iswari. (2023). BAHAN AJAR BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MULTILITERASI. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/57908

Issue

Section

Articles