BAHAN AJAR BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MULTILITERASI
Keywords:
Bahan Ajar, Phenomenon Based Learning, Kecakapan MultiliterasiAbstract
Kecakapan multiliterasi sebagai tuntutan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, berdasarkan fakta dilapangan literasi siswa terbilang rendah di sekolah dasar, hal tersebut karena masih banyaknya siswa yang belum memahami materi. Selain itu, sumber belajar kurang menyediakan fasilitas layak bagi sekolah. Sehingga, perlu adanya bahan ajar yang dikembangkan untuk meningkatkan kecakapan multiliterasi siswa. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran berbasis phenomenon based learning digunakan sesuai sintaks kedalam bahan ajar, hal ini didukung juga dari teori perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil dari uji validitas produk oleh ketiga ahli menyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil dari uji kepraktisan produk bagi guru dan siswa dinyatakan layak digunakan. Hasil dari analisis data pada uji efektivitas pre-test dan post-test didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum menggunakan bahan ajar dan sesudah menggunakan bahan ajar tersebut. Sehingga, bahan ajar berbasis phenomenon based dinyatakan layak/baik, praktis, dan efektif digunakan untuk memperdalam multiliterasi.
References
Afriani, I., Studi, P., Matematika, P., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Awang, I. S. (2015). KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Vox Edukasi, 6(2), 108–122.
Azizah, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Multiliterasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di SDIT Cahaya Insani Parakan Temanggung. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43859/1/13410148_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Farida Ardiyanti, W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Kaunia, 9(2), 27–33. https://www.neliti.com/publications/104418/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-fenomena-untuk-meningkatkan-keterampilan-be
GLN. (2016). BUKU SAKU GERAKAN LITERASI SEKOLAH.
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
Rina Fitrianingsih, M. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN STRAPLESS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU. 4(1), 1–6.
Sukmadinata, & Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mimbar Pendidikan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.