PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Kadek Dwi Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, E-LKPD

Abstract

Penelitian dilakukan karena kurangnya variasi media pembelajaran guru khususnya pada muatan pelajaran IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, tujuannya menciptakan media pembelajaran elektronik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model discovery learning.  Metode dan teknik yang digunakan: metode wawancara, kuesioner, tes, dan teknik analisis deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini, E-LKPD dinyatakan layak dilihat dari hasil review ahli isi materi pelajaran (91,6%) kualifikasi sangat baik, review ahli desain pembelajaran (88,63%) kualifikasi baik, review ahli media pembelajaran (92,5%) kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan (88,3%) dan uji coba kelompok kecil (89,4%) kualifikasi baik. Hasil perhitungan uji efektifitas (uji-t) yaitu thitung = 11,427 > ttabel = 2,003. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-LKPD berbasis discovery learning.  Artinya, media E-LKPD berbasis discovery learning efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS Kelas V SD No 4 Mengwitani Tahun Ajaran 2022/2023.

References

Aghni, R. I. 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. Gede. 2018. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, A. A. Gede. 2020. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung, A. A. Gede dan I Nyoman Jampel. 2021. Statistika Inferensial untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustha, A. S. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbass Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extenden Pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam untuk Kelas IX SMA/MA Sederajat. Research and Educarion Chemistry, III, 30.

Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, N. M. S. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1.

Amalia, I., Roesminingsih, M. V., dkk. 2022. Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar, 6(5), 8154–8162.

Cintia, N. I., Kristin, F., dkk. 2018. Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.

Ekasari, R. D., Savira, L., dkk. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 154–160.

Erianjoni 2011. Pembelajaran IPS: (konsepsi, Strategi, Refleksi).

Fajri, Z. 2019. Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478. (diakses pada tanggal: 2 Agustus 2022)

Fermandow,dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan, Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Friska, S. Y., Nanda, D. W., dkk. 2022. Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685. (diakses pada tanggal: 3 Agustus 2022)

Habsyi, R., Saleh, R. R. M., dkk. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2, 1–18. diambil dari https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.385. (diakses pada tanggal: 8 Agustus 2022)

Hasan Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran (Vol. 260). Tahta Media Group.

Kemendikbud 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., dkk. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). V(2), 143–151.

Lathifah, F. B. 2021. Efektivitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPS, 25-30.

Mahrus, M. 2021. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59. (diakses pada tanggal: 23 Juli 2022)

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. KWANGSAN.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. III.

Prasetyo, A. D., dan Abduh, M. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., dkk. 2019. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369. (diakses pada tanggal: 2 Agustus 2022)

Rahmad 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), hlm. 4. diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/222455-kedudukan-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-pa.pdf. (diakses pada tanggal: 3 Agustus 2021)

Rahmayani, A., Siswanto, J., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055. (diakses pada tanggal: 2 Agustus 2022)

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. KENCANA.

Rosarina, Gina, Ali Sudi, A. S. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1, 379. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2597. (diakses pada tanggal: 2 Agustus 2022)

Saleha, dan Nadar 2021. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Subariyanto, M.Isro’i, Alben Ambarita, D. Y. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(8.5.2017), 2003–2005. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4620. (diakses pada tanggal: 2 Agustus 2022)

Suartama, I. 2016. Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, S. R. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Siswa Elektonik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, II, 1256-1257.

Susilana, Asep Herry, H. R. 2018. Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa UPI, 1–16. diambil dari http://repository.radenfatah.ac.id/4116/1/lengkap A5.pdf. (diakses pada tanggal: 2 Agustus 2022)

Syafitri, R. A. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Journal Advances in Social Science, 285-286.

Tegeh, I. M., dan Kirna, I. M. 2013. Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal IKA, 11(1), 16. diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145. (diakses pada tanggal: 11 Desember 2021)

Tegeh, I Made. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiyanti, T., dan Fitrotun Nisa, A. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1269–1283. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136. (diakses pada tanggal: 3 Agustus 2022)

Yakin, Ainul, 2021. Pengembangan E-LKPD Berciri Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis. Tesis (tidak diterbitkan) Fakultas Pascasarjana, UNM Malang.

Published

2023-02-22

How to Cite

Lestari, N. K. D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/58644

Issue

Section

Articles