Bagaimanakah Kondisi Learning Loss di Sekolah Dasar?

Authors

  • Bernadetha Rizki Kaize Universitas Musamus

Keywords:

learning loss, pandemik, sekolah dasar

Abstract

Learning loss adalah keadaan siswa yang mengalami kehilangan kesempatan belajar atau mengalami kemunduran secara akademis karena faktor ketidakberlangsungan proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena learning loss pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 guru dan 500 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian dilakukan secara interaktif dengan 3 teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesmpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi fenomena learning loss, kondisi ini dilihat dari dimensi yang diteliti berada pada katagori rendah dan sedang. Hal ini dilihat dari beberapa hal yaitu fasiltas pembelajaran yang disediakan, peran orang tua dalam proses pmbelajaran serta metode pembelajaran yang dilakukan. Mengatasi learning loss adalah dengan melibatkan segala pihak dalam proses pembelajaran dalam hal ini adalah menjadil hubungan baik dengan masyarakat dan orang tua untuk meningkatkan proses pembelajaran, serta peningkatann kualitas pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif

References

Adawiyah, W., Basri, M., & Nur, H. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 2(1), 234. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1083

Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agustiani, I. W. D., Gumartifa, A., & Yaman, H. (2021). Readiness to Learn: Principles Contributing Factors and How it Affects Learning. English Community Journal, 5(2), 112–119. https://doi.org/10.32502/ecj.v5i2.3529

Alban Conto, C., Akseer, S., Dreesen, T., Kamei, A., Mizunoya, S., & Rigole, A. (2021). Potential effects of COVID-19 school closures on foundational skills and Country responses for mitigating learning loss. International Journal of Educational Development, 87(December 2020), 102434. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102434

Angrist, N., de Barros, A., Bhula, R., Chakera, S., Cummiskey, C., DeStefano, J., Floretta, J., Kaffenberger, M., Piper, B., & Stern, J. (2021). Building back better to avert a learning catastrophe: Estimating learning loss from COVID-19 school shutdowns in Africa and facilitating short-term and long-term learning recovery. International Journal of Educational Development, 84(December 2020), 102397. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102397

Ardington, C., Wills, G., & Kotze, J. (2021). COVID-19 learning losses: Early grade reading in South Africa. International Journal of Educational Development, 86(July), 102480. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102480

Bisri, H., & Ichsan, M. (2015). Penilaian Otentik Dengan Teknik Nontes Di Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, 6(2), 81–93. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v6i2.503

Chorrojprasert, L. (2020). Learner readiness – Why and how should they be ready? LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 13(1), 268–274. https://eric.ed.gov/?id=EJ1242968

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.

Haser, Ç., Doğan, O., & Kurt Erhan, G. (2022). Tracing students’ mathematics learning loss during school closures in teachers’ self-reported practices. International Journal of Educational Development, 88(September 2021), 0–2. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102536

Hevia, F. J., Vergara-Lope, S., Velásquez-Durán, A., & Calderón, D. (2022). Estimation of the fundamental learning loss and learning poverty related to COVID-19 pandemic in Mexico. International Journal of Educational Development, 88. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102515

Juwita, A., Sari, K. W., Jayanti, S. A., Dari, W., & Widayati, S. (2022). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Untuk Menghindari Learning Loss Di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Griya Cendikia, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.191

Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187–192. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152

Ningsih, W., Asmidaryani, & Emirawati. (2022). Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.53398/jm.v5i1.116

Nurhalim, A. K. B. K. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jne.v2i2.6789

Oktafia, I. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika Learning loss : Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1).

Sabates, R., Carter, E., & Stern, J. M. B. (2021). Using educational transitions to estimate learning loss due to COVID-19 school closures: The case of Complementary Basic Education in Ghana. International Journal of Educational Development, 82(February), 102377. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102377

Sudaryono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Prenamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Persada.

Wulandari, E. T. (2019). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa The Importance of the Effect of Learning Facilities on Student Learning Achievement. EProsiding Seminar Nasional Biologi VI, 20, 258–261. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10545/6181

Yusuf, M. (2015). Asessmen dan Evaluasi Pendidikan. Prenadamedia Group.

Published

2023-07-20

How to Cite

Kaize, B. R. (2023). Bagaimanakah Kondisi Learning Loss di Sekolah Dasar? . Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/59832

Issue

Section

Articles