Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Berbantuan Media Flipchart pada Siswa

Authors

  • Luh Dewilla Aryaningrum Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

TSTS, Flipchart, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Kurangnya pembelajaran yang inovatif yang mampu menarik minat belajar siswa dan meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa, sangat memberikan pengaruh yang buruk bagi siswa. Permasalahan tersebut mendorong adanya penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran TSTS berbantuan media flipchart terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi yang berjumlah sebanyak 376 siswa. Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel yang dimana dapat diperoleh sampel, yaitu siswa kelas V SD Negeri 8 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif (pilihan ganda). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung = 12,908 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 53 adalah 4,023. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar daripada Ftabel (12,908 > 4,023), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media flipchart terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antar siswa dalam proses pembelajaran untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, edukatif, serta mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Publishing

Agung, A. A. G. (2016). Statistika Dasar Untuk pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. 2022. Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Universitas Pendidikan Ganesha.

Alhamid, T., & Anufi, B. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. https://osf.io/preprints/inarxiv/s3kr6/download

Aliarti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Neraca, 3(1), 108–117.

Danuri, M. S. (2019). Metodologi Penelitian.

Darmawan, C. A., Khaq, M., & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Media Flipchart Berbasis Komik Pada Pembelajaran PPKn Materi Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 36–44.

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). 4(1), 1–11.

Dumaini, D., Suarjana, & Dibia. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Education, 3(2), 103–110.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian_ Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/article/view/937/743

Haryati, S., Sukarno, S., & Purwanto, S. 2021. Implementation of Online Education During the Global Covid-19 Pandemic: Prospects and Challenges. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 604–612. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.42646

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers.

Koyan, I. W. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Liyana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Aksara Lampung Kelas V MIN 9 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Masyithoh, D., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 270–280. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Maulidia, R., Ketut Suarni, N., Komang, I., Diputra, S., Guru, J. P., & Dasar, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPS. JP2, 1(2).

Mulyaningtiyas, T., Saputra, H. J., & Wijayanti, A. (2020). Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Flip Chart Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3).

Mushfi, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 30–42.

Nurlinda. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Dewantara Melalui Implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Solving dan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains (JEMAS), 2(2). http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/65048Nurlinda

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli (W. Maryam, Ed.). Ahlimedia Press.

Pramita, P. A., Sudarma, K., Murda, N., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., & Pendidikan, J. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1).

Pratama, I. G. D. J., Dantes, N., & Yudiana, K. 2020. Thematic Learning Plan With A Nature Of Science Learning Model In The Fourth Grade Of Elementary School. International Journal of Elementary Education, 4(4), 447–453. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/27208

Puspita, M., Hinelo, I. R., & Bahsoan, A. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa. 6(4), 365–380. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.303

Putra, P. (2017). Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa di SDN 01 Kota Bangun. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 29–47

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahman, A., Sabhayati, Munandar, Andi, Yuyun, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1).

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran (M. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). PT. Nasya Expanding Managament.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. KENCANA.

Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5304. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1631

Sanjaya, W. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana.

Selvi, N. H. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (A. Asiz, Ed.). Aksara Timur.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.

Yanti R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Konsep Materi Siklus Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SD Negeri 011.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Published

2023-06-26

How to Cite

Aryaningrum, L. D. (2023). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Berbantuan Media Flipchart pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/63694

Issue

Section

Articles