Melalui Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa

Authors

  • Ketut Mirah Widiastuti Dewi a:1:{s:5:"en_US";s:30:"Universitas Pendidikan Ganesha";}

Keywords:

somatic auditory visualization intellectualy, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Kurang adanya motivasi belajar siswa yang menyebabkan siswa kurang aktif hingga kurangnya pembaharuan model pembelajaran menjadi suatu permasalahan yang cenderung berdampak buruk pada kompetensi pengetahuan siswa. Adanya permasalahan tersebut mendorong penelitian ini untuk menganalisis kompetensi pengetahuan IPA dalam model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy berbantuan media Mind Mapping terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Srikandi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequvalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Srikandi sebanyak 376 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Anakova (Analisis Kovarian). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung = 9,242 dan Ftabel = pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 53 adalah 4,023. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung = 9,242 > Ftabel = 4,023 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.  Nilai rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen adalah 87,69 lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol, yaitu 69,23. Jadi, dapat disimpulkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy berbantuan media Mind Mapping berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA khususnya pada siswa kelas V serta memberikan motivasi dan pedoman bagi guru untuk mengkreasikan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan media Mind Mapping dengan kreatif agar penggunaan model pembelajaran tepat sasaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

References

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Alhamid, T., & Anufi, B. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. https://osf.io/preprints/inarxiv/s3kr6/download

Arbis, A. (2021). Pendampingan guru dalam menyusun model pembelajaran savi teacher assistance in developing savi learning models. Jurnal pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i1.8282

Ayu Triyana Yulanita Rara Dewi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 41–49. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24577

Delu Pingge, H. 2022. Merdeka Belajar dengan Pendidikan Resolusi Konflik di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.1900

Dyan Yuliana, & Rouza Ussiza Aulia Sisma. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 51–90.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian_ Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/article/view/937/743

I W. Widiana. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3 (4), 315–322. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/22556/14036

Lubis, F. A. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Divariasikan Dengan Media Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Siswa. Journal Biolokus: Journal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 93–100. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/349

Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayu, A., Nuryani Pupun, & Riyadi Rakhimat, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 No. 11, 102–111.

Reni, Permana, R., & Nugraha, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi dan Tingkat Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal Cendekiawan, 2(2), 88–94. https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/186/119

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran (M. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). PT. Nasya Expanding Managament.

Sari, K., & Auliya Istiqoma, V. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20–29. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/juang/article/view/2682/2618

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Y. Yuniarsih, Ed.). Alfabeta. CV.

Sulaksana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA. Journal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 180–188. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19346/11442

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenamedia Group. (diakses pada tanggal 21 Juni 2022)

Published

2023-06-26

How to Cite

Dewi, K. M. W. (2023). Melalui Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/64601

Issue

Section

Articles