Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) Berbantuan Multimedia dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus V Mengwi Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 272 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak kelasnya, untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil pengundian terpilih kelas V SD No. 2 Abianbase sebagai kelompok Eksperimen dengan jumlah 34 orang siswa dan kelas V SD No. 3 Buduk terpilih sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 32 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 3,018 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 64. Hal tersebut berarti thitung = 3,018 > ttabel = 2,000. Rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) berbantuan Multimedia lebih tinggi, yaitu 83,58 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yaitu 78,75. Jadi, dapat disimpulkan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) berbantuan Multimedia berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus V MengwiDownloads
Published
2020-04-25
How to Cite
Yulanita Rara Dewi, A. T., & Oka Negara, I. G. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)