Perangkat Pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas V SD

Authors

  • Ni Kadek Dita Aprilia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa
  • Nice Maylani Asril

Keywords:

RPP, LKPD, Problem Based Learning

Abstract

Adanya pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan konsep pemikiran yang berdasarkan realita kondisi sosial yang ada di lingkungan siswa. Namun pada kenyataannya, perwujudan nilai-nilai sosial yang dikembangkan di sekolah khususnya sekolah dasar belum nampak dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Hal ini sebab kompetensi guru dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran masih kurang efektif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learnig pada Muatan IPS kelas V yang valid, praktis dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan  model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran`yang berupa RPP dan LKPD, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, keprakktisan, dan efektivitas produk. Validitas perangkat pembelajaran diukur menggunakan instrumen rating scale yang diisi oleh empat orang dosen, dua dosen sebagai ahli desain pembelajaran dan dua orang dosen sebagai ahli  materi pembelajaran, penilaian kepraktisan diisi oleh guru dan siswa. Perangkat Pembelajaran berbasis Problem Based Learnig memperoleh skor validitas dari ahli materi pembelajaran produk RPP sebesar 94,22% produk LKPD sebesar 94,73%, dan skor dari ahli desain pembelajaran produk RPP sebesar 94,225% produk LKPD sebesar 94%, skor kepraktisan dari praktisi/guru sebesar 92,21%, skor uji perorangan sebesar 97,21%, skor uji kelompok kecil sebesar 97,21%  sehingga dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t berkorelasi diperoleh signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Sehingga Perangkat Pembelajaran berbasis Problem Based Learnig pada Muatan IPS kelas V efektif diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

References

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter kreatif di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=YVMDdtcAAAAJ&citation_for_view=YVMDdtcAAAAJ:PELIpwtuRlgC

Deviana, T., & Kusumaningtyas, D. I. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 64–74. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.141

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31–39.

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444.

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Institut Agama Islam Negeri Curup Sekolah Dasar Negeri 10 Pasaman PENDAHULUAN Pendidikan semestinya sudah dilakukan sedari dini yaitu dengan melakukan pendidikan dasar . Pada Undang-undang No. 4(1).

Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280153.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 46–55. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4390

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209.

Putra, E. S. I. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau). EDUKASI, 8(1), 32–48.

Qalbi, N. A., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2019). Validitas dan Kepraktisan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Problem Solving melalui Model Pengajaran Langsung pada Materi Usaha Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 125. https://doi.org/10.20527/jipf.v3i3.1041

Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i3.6139

Ramadhani, E. W., Devi, S., Dewi, N. D. L., Alrifta, I., Syamlan, N. C., & Nur’Aini, K. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik. SNHRP, 213–219.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Suriani, A. I. (2021). Kontinuitas dan Perubahan pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar secara Keterampilan Sosial Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(9), 1474–1480.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ….

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.

Tanjung, & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Tegeh, I. M., & Pudjawan, I. N. J. K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.

Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228

Zahrawati, F. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79.

Published

2023-06-29

How to Cite

Dewi, N. K. D. A., Citra Wibawa, I. M. ., & Asril, N. M. . (2023). Perangkat Pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/64706

Issue

Section

Articles