Pengembangan Video Animasi Berbasis Storytelling Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Riska Damayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa

Keywords:

video animasi, storytelling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menghasilkan media video animasi berbasis storytelling untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model  ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah para ahli, guru, dan siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas video animasi berbasis storytelling pada materi siklus air kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan non tes dengan instrumen penelitian berupa soal objektif serta kuisioner uji validitas dan uji kepraktisan produk. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas video animasi berbasis storytelling memiliki kualifikasi sangat baik, dilihat dari validasi ahli materi 91,67% dan validasi ahli media 94,38%. Kepraktisan video animasi berbasis storytelling berkualifikasi sangat praktis dan menarik dilihat dari kepraktisan oleh guru 97,5% dan kepraktisan oleh siswa 91,94%. Efektivitas video animasi berbasis storytelling yang diperoleh melalui uji-t berkorelasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan video animasi berbasis storytelling sehingga penggunaan media video animasi berbasis storytelling dalam proses pembelajaran dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa.

References

Adnyani, K. A. D., & Wibawa, I. M. C. (2021). Alternative Energy Sources on Digital Comic Media. International Journal of Elementary Education, 5(1), 60. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34333.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal inovasi pendidikan IPA, 2(2), 202-212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Perspektif Manajemen Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2020). Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. & Jampel, I. N. (2022). Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Alawiyah, H. (2022). Studi Literasi Sains Peserta Didik di Sekolah Alam Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20790.

Aminah, S. (2019). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9053.

Amrullah, A. R., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2022). The Development of Kinemaster Animation Video as a Media to Improve Science Literacy in Elementary Schools. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 151–161. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.151-161.

Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 52–60. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47635.

Angko, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan , 1 (1), 1-15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15.

Antara, P.A., Paramita, M. V. A., & Iju, A. S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dalam Stimulasi Kemampuan Tarian Modern Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 7(2). https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk.

Antara, P. A., Udayani, N. W. M., Suryani, G. A. T. A., PS, K. M. K. A., & Lestari, N. W. (2022). Pembelajaran Daring Anak Usia Dini dengan Orang Tua Ter-PHK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2896-2909.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. 2 ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryani, Y. D. & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Muatan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Diponegoro. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221.

Astami, N. W. R., Suarni, N. K., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 203-214. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996.

Bayu, I. M. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Belajar Siklus Air Melalui Video Demonstrasi dengan Media Konkret. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 248-257. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34990.

Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-17. https://training.unmuhkupang.ac.id.

Bribin, Maria Advensia. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker pada Materi Ciri-ciri dan Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/id/eprint/40724.

Budi, D. N. W. (2021). Pemanfaatan Media Thinglink Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa Dalam Pembelajaran IPA Saat Pandemi di MTs N 34. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i1.73.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Press.

Daha, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media dalam Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri Longka Kabupaten Gowa Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id.

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Dari Aspek Bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105.

Dewi, N. M. L.C., & Negara, I. G. A. O. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Elisa, R., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2023). Pengembangan Media Credipup untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 26-36. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.139.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Jurnal Berkelanjutan Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11-27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414.

Fitrianisah, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan Bandung. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55361.

Fransisca, M., Yunus, Y., Sutiasih, AD, & Saputri, RP (2019). Kepraktisan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Kota Padang. Dalam Jurnal Fisika: Seri Konferensi (Vol. 1339, No. 1, hal. 012077). Penerbitan TIO.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341-1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620.

Haifa, A. U. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Story Telling Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Pullauweng Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id.

Hamzah. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 3 Bontoramba Kab. Jeneponto. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id.

Handayani, N. P. S. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD . Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4353.

Hardiyanti, U. (2022). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SD ’Aisyiyah 1 Mataram Tahun 2021/2022. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram. http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5419.

Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala, Metodologi Penelitian, 1(1) , pp. 1- 4.

Hidayati, F., & Julianto. (2018). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan (pp. 180–184). http://snpfmotogpe.ulm.ac.id.

Imawati, Supardi, Z. A. I., & Azizah, U. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8923–8935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3974.

Isti, L. A., Agustiningsih, & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream : Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Jaya, V. A. N. (2017). Pengembangan Multimedia Digital Storytelling sebagai Sarana Penunjang Proses Pembelajaran pada Tema Makananku Sehat dan Bergizi di SD Negeri 12 Purwodadi. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28431.

Juita, B. R., Edriati, S., & Junaidi, S. (2022). Pengembangan Video Digital Storytelling Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis: Digital Storytelling Video Development On The Basic Subjects Of Graphic Design. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 12-21. https://doi.org/10.51454/decode.v3i1.73.

Julianingsih, D., & Krisnawati, E. (2019). Pemanfaatan Video Digital Storytelling dalam Pembelajaran Trigonometri untuk Pemerolehan Kecakapan Intelektual Siswa. Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 1, No.1, pp. B22-B22). https://ojs.widyakartika.ac.id.

Julianti, I. A. R., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Sub-subtema Untuk Meningkatkan Kebermaknaan dan Hasil Belajar. Publikasi Pendidikan, 8(3), 206-215. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6598.

Kiftia, S. M. & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Keterampilan Menyimak Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 10(08). https://ejournal.unesa.ac.id.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805.

Koyan, I. Wayan. 2007. Asesmen Dalam Pendidikan.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765.

Kurniawati, T. D., Akhdinirwanto, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 32-41. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.685.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57-64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255.

Laili, N., Purwanto, S. E., & Alyani, F. (2019). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 6 Depok. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 14-37. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0201.20.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444-452. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179.

Mahlianurrahman, & Aprilia, R. (2022). Pengembangan Media Video untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. DIKODA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(01), 8-17. https://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/1060.

Mardiyana, I. I., Pritasari, A. C., & Hakim, M. L. (2020). Analisis Muatan IPA Kelas 5 berdasarkan Aspek Literasi Sains dan Integrasi terhadap Potensi Madura. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Maulinda, N. (2022). Pengaruh Health Education Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Media Storytelling Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. Stikes Bina Sehat PPNI, 33(1), 1–12. https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/1285.

Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.

Musarofah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Bermuatan Ayat Al-Qur’an dengan Output Youtube. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id.

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137-149.

Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5585.

Nurharyadi. (2018). Penerapan Metode Storytelling Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 187/X Desa Bangun Karya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/889.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://lmsspada.kemdikbud.go.id.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Pebriani, N. L. P. P., Japa, I. G. N., & Antara, P. A. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Jurnal Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137-152. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702.

Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88-93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17.

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. Jurnal Sains dan Teknologi Ekonomi Pendidikan Kesehatan (J-HEST) , 3 (1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42.

Ramadhani, F. S. (2019). Pengaruh Teknologi Pendidikan dan Pendidikan Karakter Terhadap Mutu Pendidikan Siswa Kelas X di SMA N 5 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9387.

Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa PGSD FKIP universitas muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 166-179. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320.

Rohmawati, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Storytelling pada Materi Bunyi Kelas VIII untuk SMP/MTs. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Isla, Negeri Kiai Haji Achmad Shidiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/3450/.

Sa’diyah, M. K., Kiranti, N., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Pembelajaran IPS menggunakan Metode Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10459-10465. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4085.

Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99-107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104.

Setiawan, M. A., & Riadin, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 27-31.

Setiawati, G. A. M. I., Wibawa, I. M. C., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 378-386. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19512.

Sholihah, F. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Storytelling Pada Keterampilan Menyimak Cerita Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Aziez Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33010.

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192-213. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879.

Suartama, I. K. (2019). Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudiasih, N. N., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Melalui Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 25–36. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18543.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sulaksana, Y. T. (2020) Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi IPA dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas V SD. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4467.

Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, Vol. 02, No. 01. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3960.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1520-1533. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2166.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tegeh, I. M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158-166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262 .

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718-1728.

Utami, K., & Julianto. (2019). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(02), 76–81. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian pgsd/article/view/3029.

Wardani, G. D. (2022). Implementasi Literasi Sains SD Melalui Media Animasi Mata Pelajaran IPA. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 275-283. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.199.

Wibowo, A. (2021). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 515-519. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107.

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan E-komik dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Minat Belajar tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48-59. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.

Widadari, P. W. (2022). Pengembangan Digital Choice Board Pada Topik Cerita Fiksi Berbasis Literasi Baca Tulis Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha. http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11654.

Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354-362. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Wulandari. (2021). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning di Min 4 Muaro Jambi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thana Saifudin. http://repository.uinjambi.ac.id.

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118-127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424.

Published

2023-06-29

How to Cite

Ni Putu Riska Damayanti, & Citra Wibawa, I. M. . (2023). Pengembangan Video Animasi Berbasis Storytelling Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/64711

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)