Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Efektif Digunakan Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV

Authors

  • Revina Apriyani Ni Putu Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Komik Digital, PBL, Matematika, Pecahan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis problem based learning yang efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE. Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas IV. Hasil penelitian ini yaitu media komik digital matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli isi 90%, ahli desain pembelajaran 90%, ahli media pembelajaran 92%, uji perorangan 88%, uji kelompok kecil 91%,. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t univariat menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4.640 > 1,967), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kompetensi matematika lebih dari KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada muatan Matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV.

References

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. . S., & Semara Putra, D. K. N. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Amaliyah, A., Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Yuliani, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3228

Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Prosiding DPNPM Unindra, 0812(50), 31–38.

Arum, D. M. M., Suryaningtyas, W., & Soemantri, S. (2021). Efektivitas Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 24–36. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.127

Darsono. (2022). Upaya Mengatasi Learning Loss Dengan Menerapkan Metode Pengkondisian Operan. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/index

Friska Dewi, L. P. A., & Surya Abadi, I. B. G. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55993

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103–116. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Mahendra, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 257–266. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Memolo, T. (2019). Pengembangan Komik Digital Berbantuan Qr Code Materi Rata - Rata Untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Edusainstek, 3, 470–481.

Musdalifah. (2019). Diajukan kepada Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Permaatasari, K. G. (2021). Jurnal Ilmiah Pedagogy PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Jurnal Ilmiah Pedagogy. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(20).

Pratiwi, R. R., Lisnawati, S., Arif, S., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Agama, F., Universitas, I., & Khaldun, I. (2022). Attadib : Journal of Elementary Education. 6(2), 310–320.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Pancar, 2(1), 14–18.

Siti Apsoh, Awan Setiawan, & Susanti, S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Daring. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss2.199

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sulistyani, F., Mulyono, R., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (Ikm) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Syafitri, M. A., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan IPS untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(6), 4411–4414. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3551

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Widiya, Y. (2022). Proses Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Sman 7 Tangerang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 3(2), 56–60. https://doi.org/10.51673/jips.v3i2.1044

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 157–170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884

Zuina, M. N., Hosnan, M., & Taufik, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 378–387.

Published

2023-07-07

How to Cite

Ni Putu, R. A. (2023). Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Efektif Digunakan Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65137

Issue

Section

Articles