Model Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Gayatri Dewi Ni Made Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Time Token, Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Time Token terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Kompyang Sujana yang berjumlah 304 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling dan didapatkan 2 sekolah yang terdiri dari SD Negeri 4 Peguyangan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 7 Peguyangan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Metode yang digunakan yakni metode non test (lembar observasi) dan test (soal pilihan ganda). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial berupa Uji-T dan MANOVA. Hasil penelitian ini dikuatkan berdasarkan perhitungan Uji-T pada hipotesis I dan II yang seluruhnya memperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan berdasarkan perhitungan uji MANOVA pada hipotesis III memperoleh hasil nilai F=211,211 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe Time Token terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Kompyang Sujana.

References

Agustiana, I. G. A. T., Murda, I. N., & Dwi Arini, N. K. A. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), 20. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24472

Agustiana, I. G. A. T., & Tika, I. N. (2017). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Ombak.

Asnita, A., & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501

Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.703

Damanik, F. N. S. (2012). Menjadi Masyarakat Informasi. Jurnal SIFO Mikroskil, 13(1), 7382. https://doi.org/10.55601/jsm.v13i1.48

Daulay, S. H., Salmiah, M., & Ulfa, Z. (2019). Students Speaking Skill through Cooperative Learning Strategy: Time Token Arends. Proceedings of the Third International Conference of Arts, Language and Culture (ICALC 2018). https://doi.org/10.2991/icalc-18.2019.55

Gaol, M. L., Ratnawati, R., & Handayani, F. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DI SEKOLAH. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 277. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1426

Githa, P. S., Sugiarta, I. M., & Puja Astawa, I. W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(2), 78. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19933

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 1228. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Herlansyah, F. A., & Fauziah, H. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 155167. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5651519

Hidayah, S. R., Putra, A. S., & Gunawan, Y. I. (2021). THE EFFECT OF TIME TOKEN STRATEGY ON THE EIGHTH GRADE STUDENT SPEAKING SKILLS AT SMP AL-IJTIHAD 2 KUTABARU. Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture, 10(1), 37. https://doi.org/10.31000/globish.v10i1.3211

Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231

Kartini, K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Time Token terhadap Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Gambar Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 4754. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i1.217

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Listiani, T. (2020). Penggunaan Model PACE dalam Pembelajaran Geometri Topik Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 407418. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.711

Ma, L., Luo, H., & Xiao, L. (2021). Perceived teacher support, self-concept, enjoyment and achievement in reading: A multilevel mediation model based on PISA 2018. Learning and Individual Differences, 85, 101947. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2020.101947

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Mashum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Indah Putri, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689

Noviasari, E., & Rajagukguk, W. (2022). The Effect of the Time Token Type Cooperative Learning Model on Learning Activeness and Student Learning Outcomes in Class VII Number Pattern Material at Sultan Iskandar Muda Private Middle School Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 229240. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i3.2024

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Salmina, S., Setiyadi, B., & Rusminto, N. E. (2017). Model Time Token Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Kontekstual untuk Berbicara Bahasa Daerah (Lampung). Jurnal Tiyuh Lampung (Pend. Bahasa, Sastra, & Budaya Daerah), 112. https://doi.org/http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTL/article/view/14938

Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291

Sari, N. L. B. A., Putra, I. K. A., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10834

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 40764084. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1289

Sholikha, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TIME Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V Mi Bahrul Ulum Surabaya. Urnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3). https://doi.org/http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/19970

Sigalingging, L. M., Anzelina, D., Lumbanraja, B., & Silaban, P. J. (2023). Efforts to Increase Student Learning Outcomes Using The Time Token Learning Model in Class V Elementary School. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 71. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71039

Siregar, W. V., Hasibuan, A., & Nurdin, M. D. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MEMBANGUAN GENERASI HEBAT. Jurnal Vokasi, 5(2), 86. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2130

Siti, K. H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Journal of Banua Science Education, 1(1). https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.2

Syamsul Bakhri, Teddy Dyatmika, & M. Rikzam Kamal. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI, SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE, DUKUNGAN KELUARGA DAN PENGAJAR TERHADAP KEAKTIFAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Mediakita, 4(1), 1936. https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i1.2445

Tarigan, D. L. B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Quality.

Veryani, A. N., & Astuti, W. W. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS X IPA SMA MADANI MAKASSAR. CELEBES BIODIVERSITAS : Jurnal Sains Dan Pendidikan Biologi, 5(2), 47. https://doi.org/10.51336/cb.v5i2.349

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK) I 2019. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/11203

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 19. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Published

2023-07-07

How to Cite

Ni Made, G. D. (2023). Model Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65404

Issue

Section

Articles