Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa Kelas V
Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca SiswaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang masih terbata - bata dalam membaca dan sepinya kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah. Walaupun sekolah sudah mengadakan program literasi siswa membaca di lapangan masih belum cukup meningkatkan minat baca siswa kelas V dan VI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan mengkaji bagaimana program gerakan literasi sekolah mempengaruhi minat baca siswa kelas VA di SD Negeri 115 Pekanbaru dengan menggunakan uji Validitas dan Reabilitas, Uji Normalitas, Homogenitas, Regresi Linear Sederhana, Uji t. Nilai signifikansi (p) pada penelitian ini adalah 0,193 yang mana jauh lebih besar dari ketentuan 0,05 (0,193 > 0,05) Nilai konstanta sebesar 17,985, artinya jika variabel gerakan lierasi dan nilainya adalah 0, maka minat baca nilainya adalah 17,985. nilai t sebesar 2,181 lebih besar dari nilai signifikansi (0,036), membuktikan pengaruh GLS terhadap minat baca siswa kelas VA di SD Negeri 115 Pekanbaru.
References
Abrori. (2018). Improving Reading Literacy Strategy through Seven Programs of Reading Interest c ontaining Da ’ wah Message,” Attarbiyah J. Islam. Cult. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 205–225, 2018, doi: 10.18326/attarbiyah.v3i2.205-225
Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611
Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Centre Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2595
Ama, R. G. (2020). Membangun Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar. Banyumas: Cv Pena Persada
Annisaa, N., Gunayasa, I. B. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 9 Mataram. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(April), 35–42. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26245
Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1–13
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Endang Sumarti, Jazeri, M., Putri, N., & Masitoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi pada Era 4.0. Pendidikan, 4(April).
Faizah, Dewi S, Sufy, & Adi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian dan Kebudayaan.
Fadilah, R. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.
Fansuri, E. S. R., Budimansyah, D., & Cahyani, I. (2018). Literacy Movement. 1(229), 387–391. https://www.scitepress.org/Papers/2017/70989/70989.pdf
Hastuti, M., Fansuri, E. S. R., Budimansyah, D., & Cahyani, I. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328.
Kemendikbud. (2016). Desain Induk Literasi Sekolah. Jakarta: Diktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Lawalata, Ajeng Kristianti, and Muhammad Sholeh. 2019. “Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Islam Al-Azhaar Tulungagung.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 7(3): 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/viewFile/28880/26445.
Lian, B., & Nopilda, L. (2018). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 3(2).
Lustyantie, N., & Aprilia, F. (2020). Reading Interest and Achievement Motivation: A Study in an EFL Context. TESOL International Journal, 15(4), 147–166.
Magdalena, O. D. (2020). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Nabila, A. (2020). Penerapan Aplikasi Dengan Menggunakan Barcode Dan Aplikasi Untuk Laporan Presensi Kepada Orang Tua. ICT Learning, 5(1), 1–9.
Narulaili, R.S., Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611
Octaviany, F., & Mutmainnah, N. (2019). Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Terhadap Return On Assets (ROA) Pada Politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara Tahun 2014-2018. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(2), 1–13.
Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599
Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127.
Santosa, E., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 56–61. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1553
Susilawati, & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia
Sukriadi, Rehana Emilia Maulida, Muhlis, & Arafah, A. A. (2022). Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 14(2), 26–34. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v14i2.1330
Sumarti, G., Rusmayadi, D., Maroah, S., & Dkk. (2020). Aktualisasi Dan Praktik Baik Gerakan Literasi Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Lingkaran
Syafitri, N., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6218–6223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3207
Teguh, Mulyo. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 5(1): 57–68.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal GVVIlmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540
Yulia, A, Syams, K, & Elma F.P. (2023). “Dampak GLS (Gerakan Literasi Sekolah) Terhadap Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4(2): 125–31.
Yulianto, Ahmad, Syams Kusumaningrum, and Elma Fitriani Polan. 2022. “Dampak GLS (Gerakan Literasi Sekolah) Terhadap Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4(2): 125–31.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ria Rezki Syahputri, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.