MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MUATAN IPAS KELAS V SD
Keywords:
Augmented Reality, sistem pencernaan, Motivasi BelajarAbstract
Studi ini dilatar belakangi oleh sebagian atau 50% siswa belum aktif sehingga suasana dalam belajar kurang dinamis. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media pembelajaran berbasis Augmented reality (2) menganalisis validitas isi media pembelajaran berbasis Augmented Reality, (3) menganalisis respon guru, dan siswa terhadap media berbasis Augmented Reality, dan (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Studi ini mengambil subjek media pembelajaran berbasis Augmented Reality, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas media, materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Hasil menunjukaan bahwa (1) penelitian pengembangan ini telah berhasil menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented reality untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar; (2) indeks validasi media dengan kualifikasi validitas sangat tinggi dan analisis kelayakan ahli materi memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikasi validas sangat tinggi; (3) tingkat pencapaian respon guru, dan kelompok kecil (siswa) dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) nilai signifikasi pada uji-t berkorelasi menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented reality efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Agung, A. A. G. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Undiksha.
Agustina, R., Chandra, A. (2017). Analisis Implementasi Game Edukasi “The Hero Diponegoro” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Attaroqie Malang. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, Dan Implementasi, Volume 8, Nomor 1 (hlm.1-84).
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 12, Nomor 2 (hlm.117–134). https://mail.jurnal.iainbone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/181/110
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekomdikbud & Raja Grafindo Persada.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Arikunto, S. 2010. Prosedur Pendidikan. Yogyakarta: PT Rieneke Cipta.
Arnidha, Y., Yunaini, N, dkk., (2023). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Volume 8, Nomor 1 (hlm.194–203).
Azhar Asyad. 2009. “Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. BSNP. Standar Isi”. Tersedia
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, 11(9), 1841–1854.
Candiasa, I. M. (2011). Testing of Iteman and Bigsteps Application Dissertation Research Instruments. Undiksha Press.
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Feronica Tamara, M., Tulenan, V., & Paturusi, S. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SD. Jurnal Teknik Informatika, 14(3).
Harahap, M., & Mayasari Siregar, L. (2018). Mengembangkan Sumber Dan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.
Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Jurmal Pendidikan, Vol.37 no.26.
Hamka A. W., & Gani, A. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Web Dan Android Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Action Script 3.0. Ijis-Indonesian Journal On Information Sistem, 1(2).
Hanafi, Maulana, S., & Banten, H. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. In Jurnal Kajian Keislaman (Vol. 4, Issue 2). http://www.aftanalisis.com
Intan Sari, P., & Eka Purnama, B. (2015). Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan. In Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi (Vol. 7).
Isni Siddiq, Y., Komang Sudarma, I., & Hamonangan Simamora, A. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung.
Kusprimanto. (2014). Pengembangan Media Pembelajran Interaktif IPA Materi Pencernaan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas V Di SDN Pundung, Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, 1–136.
Ke, J. P., Widya, N., Marwa, S., Usman, H., Qodriani, D. B., Kunci, K., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Metodik Didaktik Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, Vol. 18(No. 2), 54–65.
Marina Angraini, L., Wahyuni, P., Wahyuni, A., & Dahlia, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, VOL 2(No2), 62–73. http://journal.uir.ac.id/index.php/ecej
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahaasiswsa. Jurnal Pendidikan, 5(1), 34–45. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/64/63#
Mattar, J. (2018). Constructivism and connectivism in education technology: Active, situated, authentic, experiential, and anchored learning. RIED. Revista Iberoamericana de Educación a Distancia, 21(2), 201–217. https://doi.org/10.5944/ried.21.2.20055
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Nugroho, D. A., Harmastuti, H., & Uminingsih, U. (2017). Membangun Game Edukasi “Mathematic Maze” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 2(01), 67-77.
Patmawati, D., Sholehah, H. A., Muyyasaroh, H., & Karenina, A. (2021). Analisis Profil Pendekatan Saintifik Terhadap Bahan Ajar Dan Perangkat Pembelajaran Madrasah Tsanaiyah Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, 01–06. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Pradana, A. G., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA”Alat Musik Daerah Berbasis Android. Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 49–54.
Purnawanto, A. T. M. Pd. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Assesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, volume 20(no 1), 75–94.
Putriana, E. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas V Di SD N 2 Pundung, Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–188.
Putra, Putu Wahyu Bagiana. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V SD Negeri 3 Celuk Sukawati Gianyar. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Rangkuti, NA. 2014. Konstruktivisme Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 02, No. 02 Juli 2014.
Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1–11.
Sahnan, M. 2017. Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPKn & Hukum, 12, 142–159.
Sugrah, N. 2019. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Kajian Ilmiah, 19(2), 121–138.
Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Santoso, S., & Firmansyah, A. (2019). Aplikasi Monitoring Rumah Kos Berbasis Android Di Kota Tangerang. Jurnal Maklumatika, 5(2).
Singh, Dr. S., & Yaduvanshi, S. 2015. March 2015 Online Print Version International Journal of Scientific and Research Publications. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(3), 486–490. ISSN 22503153. http://www.ijsrp.org/e-journal.html
Tiswarni. (2019). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru (Studi Deskriptif Kualitatif Di Smp N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara). 18(1), 261–276. Http://Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id/Index.Php/Attalim/
Tegeh, I M, dkk. 2014. Buku Ajar Model-Model Pengembangan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan Pengembangan Bahan Ajar, 12–26.
Ujang Cepi Barlian, S. S. R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, Vol.1, No.12.
Pahliwandari, Rovi. 2016. Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5, No.2, Desember.
Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Tsaqofah Merdeka Belajar Dalam Perspektif Teori Belajara Kognitivisme Jean Piaget. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018a). Penggunaan LKPD IPAS Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda Peserta Didik Kelas IV SD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Wijayanti, Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 1, Nomor 2, Januari
Wahyu Sukartiningsih. (2005). Peningkatan Kemampuan Membaca dan menulis permulaan melalui pembelajaran
Yunus, Y., & Sardiwan, M. (2018). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer (Studi Kasus Kelas X Rpl Smk Negeri 2 Padang). Pendidikan Teknologi Informasi Upi-Yptk, 5(2), 31-41.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewa Gede Agung Raditya Biantara, Nice Maylani Asril, Gede Wira Bayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.