MEDIA SIMULATOR KAMUFLASE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VI SDN 2 GUNAKSA

Authors

  • I Gede Adi Suteja Utama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini
  • Alexander Hamonangan Simamora

Keywords:

media, simulator kamuflase, pemahaman konsep adaptasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik pada muatan materi adaptasi makhluk hidup, serta pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran pada muatan materi adaptasi makhluk hidup yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan media simulator kamuflase, (2) menganalisis validitas isi media simulator kamuflase, (3) menganalisis kepraktisan media simulator kamuflase dan (4) menganalisis efektivitas media simulator kamuflase untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai adaptasi makhluk hidup kelas VI di SD Negeri 2 Gunaksa Tahun Pelajaran 2023/2024. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek pengembangn adalah media simulator kamuflase, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah kualitas media simulator kamuflase. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, tes, dan observasi. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media simulator kamuflase yang telah dihasilkan memperoleh kualifikasi validitas isi sangat sangat tinggi (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap media simulator kamuflase memperoleh kualifikasi sangat baik (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media simulator kamuflase memperoleh kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t media simulator kamuflase efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai adaptasi makhluk hidup.

 

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581.

Ambarwati, S. (2023). Implementasi Teori Cone Of Experince Edgar Dale Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Baturraden Kabupaten Banyumas. Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Amijaya, F. D. T., Syaripuddin, S., Wasono, W., Huda, M. N., A’yun, Q. Q., Asmaidi, A., Raming, I., Wigantono, S., Sandariria, H., Putri, D. F., Mangngiri, I., Mulyadi, T. K., & Novia, H. (2023). Pelatihan Pengerjaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bidang Matematika Untuk Siswa Kelas 12 SMA Kota Samarinda. Journal of Social Outreach, 2(1), 48–56. https://doi.org/10.15548/jso.v2i1.5069

Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2149

Arianti, D. (2023). Kemampuan Pemahaman Mufrodat Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Astutik, I. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Global Warming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(1), 111–126.

Atika, S. D., Santhalia, P. W., & Sudjito, D. N. (2023). STEAM Integrated Project Based Learning Exploration Against Understanding the Concept of Static Fluids. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5357–5364. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.2905

Baden. Sutisnawati, A. Maulana, H, L. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Educatio, 9(3), 1340–1347. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5733

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Dahlan R, M., Abristadevi., & Riyadi, L. N. (2023). Pengaruh Kreativitas Guru Pai Dalam Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Peserta Didik. Journal on Education, 6(1), 3475–3483. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3417

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The Development of Articulate Storyline Interactive Learning Media Based On Case Methods to Train Student’s Problem-Solving Ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Etriani., Amaliyah, N. (2023). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 1–13.

Fanani, G. I., & Marzuki, I. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makannya Kelas IV. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 3108–3117.

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97

Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), 2(2003), 36–41.

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462

Kusumaningrum, N. I. (2021). Pengembangan Media Siludup Berbasis Android Pada Materi Adaptasi Mahkluk Hidup Kelas 6 SD. Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Islam Sultan Agung Jawa Tengah. http://repository.unissula.ac.id/27093/

Muna, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 15. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i1.55564

Muryati. (2020). Penggunaan Media Simulasi Pernafasan Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 2–7.

Mutia. (2021). Characteristics of Children Age of Basic Education. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 3(september 2016), 1–6.

Nuraini, N., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Adaptasi Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 139–147. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.977

Nurhamami, S. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Adaptasi Makhluk Hidup Kelas VI Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal on Education, 05(01), 980–989.

Nurhayati, F. E., & Purwanto, S. E. (2021). Analysis of the Mathematics Learning Motivation of Class XI IPA Students during the Covid-19 Pandemic. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 93–98. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12440

Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090

Prihono, E. W. (2020). Validitas Instrumen Kompetensi Profesional pada Penilaian Prestasi Kerja Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 897–910. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.529

Puspitasari, F., Permata, E., & Hamid, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Simulator Lift 4 Lantai Berbasis PLC Pada Mata Kuliah Otomasi Industri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 98–106.

Putri, S. F. (2023). Penelusuran Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Jawa Timur.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Merdeka Belajar, November, 289–302.

Ramadani, N., Ananda, L. J., Rangkuti, I., Simanjuntak, E. B., & Manurung, I. F. U. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 066054 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023. Jurnal Of Student Development Information System (JoSDIS), 3, 159–174.

Ramadhanty, N. S., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2023). Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 184. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5970

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/27

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Thamrin, Putri, Y., Jalinus, N., & Refdinal. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Simulasi Visual Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Kelas X. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 11(1), 13. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.120396

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Wafa, U. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smpit Nur Hikmah. Tugas Akhir. Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wahyuni, S., Hariandi, A., & Alirmansyah, A. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Muatan IPA Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif. Journal on Education, 5(2), 5152–5172. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1254

Wen, G., Li, Z., Azizzadenesheli, K., Anandkumar, A., & Benson, S. M. (2022). U-FNO—An enhanced Fourier neural operator-based deep-learning model for multiphase flow. Advances in Water Resources, 163. https://doi.org/10.1016/j.advwatres.2022.104180

Wijaya, I. K. W. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 147. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yani, N. K. I., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Topik Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 323–333.

Zulkarnain, Z., & Nurjanah, R. (2023). Studi Literatur : Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 02(01), 71-80.

Published

2024-08-30

How to Cite

I Gede Adi Suteja Utama, Putu Nanci Riastini, & Alexander Hamonangan Simamora. (2024). MEDIA SIMULATOR KAMUFLASE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VI SDN 2 GUNAKSA . Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/77662

Issue

Section

Articles