Pemahaman Guru Terhadap Model-Model Pembelajaran Inovatif Ditinjau Dari Status Profesional Dan Masa Kerja
Keywords:
pemahaman, model-model pembelajaran, status profesional, status masa kerjaAbstract
Permasalahan yang ada di sekolah dasar yakni guru memiliki pemahaman yang rendah dalam mengimplementasikan model-model pembelajaran inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran, penyebabnya karena kurangnya pemahaman, kurangnya pelatihan, dan minimnya fasilitas yang mendukung penerapan model-model pembelajaran inovatif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran inovatif ditinjau dari status profesional dan masa kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi yaitu sebanyak 48 orang. Teknik yang diterapkan dalam penentuan sampel yaitu teknik multistage sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu 32 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan tes uraian kepada subjek penelitian secara langsung. Metode analisis data menggunakan metode statistik deskriptif yang kemudian dikonversikan ke PAP. Hasil penelitian ini yaitu; Pemahaman guru yang belum menyandang status profesional berada pada kategori rendah, pemahaman guru yang sudah menyandang status profesional berada pada kategori sedang, pemahaman guru dengan rentangan masa kerja <6 tahun berada pada kategori rendah, pemahaman guru dengan rentangan masa kerja 6-10 tahun berada pada kategori rendah, dan pemahaman guru dengan rentangan masa kerja >10 tahun berada pada kategori sedang. Implikasi dari penelitian ini yakni diharapkan Pengembangan Profesi Guru (PPG) bagi mahasiswa prajabatan harus ditekankan pada model-model pembelajaran.
References
Amin, S. P., & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer (Vol. 1). Pusat Penerbitan Lppm.
Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Enabela, F. R., & Zafrullah, Z. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial Dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02.
Aprilyani, N., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction Berbantuan Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 61–74. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2549
Azizah, S., Susilawati, T., Hartono, B., Rosyidi, D., Ciptadi, G., Ningsih, U. W., Natsir, M. H., Surjowardojo, P., & Utami, H. D. (2022). Metodologi Penelitian Dan Karya Ilmiah Ilmu Peternakan. Universitas Brawijaya Press.
Budiasningrum, R. S., Rosita, R., Setiawan, J., Yuliana, D., & Astuti, E. D. (2021). Teknik Jitu Memenangkan Tahapan Tes Wawancara Kerja Di Perusahaan. Jurnal Abdimas Plj, 1(2), 49–53.
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17916
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115
Febriani, D., & Rahmatina, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2354–2359.
Guspiati, S. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik, Serta Dampaknya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Bungusari Kota Tasikmalaya. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(3), 199–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.37
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 79–88. http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v9i2.9780
Hendrawati, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas V Sdn Cebongan 01 Salatiga Semester Ii Tahun 2018/2019. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip-Uksw.
Indah, S. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 22 Jakarta. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 123–136. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2796
Jahrah, J. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Melalui Lokakarya Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Platform Google For Education Di Smp Negeri 2 Tarakan. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 168–174. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.646
Kencana, P. C. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Inkuiri Di Sman 5 Bengkulu Selatan. Pendipa Journal Of Science Education, 6(1), 233–241. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.233-241
Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 13(1).
Mardikaningsih, R. (2020). Sebuah Penelitian Empiris Tentang Hubungan Masa Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Komitmen Organisasi. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 43–54. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.1050
Maulidya, D. (2023). Kemampuan Literasi Digital, Usia, Masa Kerja, Dan Status Kepegawaian Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Yogyakarta. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378–385. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39891
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal Of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287.
Rustam, R., Syamsudduha, S., & Damayanti, E. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Biologi. Bioma: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/bioma.v5i1.3672
Safitri, Y. M., Murtono, M., & Kuryanto, M. S. (2021). Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1019–1025. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1315
Suwanto, S., Kosasih, K., Nurjaya, N., Sunarsi, D., & Erlangga, H. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Happy Restaurant Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(4), 546–554. https://doi.org/10.32493/jee.v3i4.11292
Welembuntu, M., & Gobel, I. (2020). Hubungan Pendidikan Status Kepegawaian Dan Lama Kerja Dengan Kinerja Perawat Melaksanakan Asuhan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Sesebanua, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.54484/jis.v4i1.293
Wijayanti, S., Hartono, S., & Murniati, N. A. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar Supriyadi Kota Semarang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2), 128–137. https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3830
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Winda Lestari, Putu Nanci Riastini, Kadek Yudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.