ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN SBdP PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN

N. S. A. Lodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai sikap dan nilai-nilai budaya lokal pendukungnya dalam Kurikulum 2013 tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian meliputi budayawan, guru SBDP, guru Kelas V dan orang tua siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan pedoman pencatatan dokumen dan wawancara kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai sikap spiritual yang termuat adalah taat beribadah dan beprilaku syukur, 2) nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan percaya  diri dan 3) nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak Kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap pada tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia yaitu, beberapa jenis permainan tradisional, cerita anak (satua), bernyanyi (magending), mengucapkan salam, dan kegiatan sembahyang (mebanten).  Selanjutnya, dari hasil temuan-temuan tersebut juga dihasilkan prototipe buku cerita anak berbasis budaya lokal pada tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V sekolah dasar, yang dapat digunakan sebagai suplemen untuk buku siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11962

Article Metrics

Abstract view : 657 times
PDF file view : 2859 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.