ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN SBdP PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11962Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai sikap dan nilai-nilai budaya lokal pendukungnya dalam Kurikulum 2013 tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian meliputi budayawan, guru SBDP, guru Kelas V dan orang tua siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan pedoman pencatatan dokumen dan wawancara kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai sikap spiritual yang termuat adalah taat beribadah dan beprilaku syukur, 2) nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan percaya diri dan 3) nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak Kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap pada tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia yaitu, beberapa jenis permainan tradisional, cerita anak (satua), bernyanyi (magending), mengucapkan salam, dan kegiatan sembahyang (mebanten). Selanjutnya, dari hasil temuan-temuan tersebut juga dihasilkan prototipe buku cerita anak berbasis budaya lokal pada tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V sekolah dasar, yang dapat digunakan sebagai suplemen untuk buku siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)