ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN SBdP PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • N. S. A. Lodo Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai sikap dan nilai-nilai budaya lokal pendukungnya dalam Kurikulum 2013 tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian meliputi budayawan, guru SBDP, guru Kelas V dan orang tua siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan pedoman pencatatan dokumen dan wawancara kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai sikap spiritual yang termuat adalah taat beribadah dan beprilaku syukur, 2) nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan percaya  diri dan 3) nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak Kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap pada tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia yaitu, beberapa jenis permainan tradisional, cerita anak (satua), bernyanyi (magending), mengucapkan salam, dan kegiatan sembahyang (mebanten).  Selanjutnya, dari hasil temuan-temuan tersebut juga dihasilkan prototipe buku cerita anak berbasis budaya lokal pada tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V sekolah dasar, yang dapat digunakan sebagai suplemen untuk buku siswa.

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Lodo, N. S. A. (2017). ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN SBdP PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11962

Issue

Section

Articles