EVALUASI DISKREPANSI TERHADAP IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN PELAJARAN PKn TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD SE-KECAMATAN DENPASAR TIMUR

Ni Wayan Widyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskrepansi terhadap implementasi pendekatan saintifik pada muatan pelajaran PKn tema Cita-Citaku di kelas IV SD se-Kecamatan Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model diskrepansi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD di Kecamatan Denpasar Timur yang terdiri dari 6 gugus dan terdapat 36 sekolah. Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling. Data yang dikumpulkan adalah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, data persepsi guru dan hasil belajar PKn. Data perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendekatan saintifik dikumpulkan dengan rubrik observasi, data persepsi guru terhadap pendekatan saintifik dikumpulkan dengan kuesioner,  serta data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif dan korelasi product moment. Diskrepansi yang terjadi terkait dengan perencanaan pembelajaran berpendekatan Saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 32.97 dengan kategori kecil , diskrepansi yang terjadi terkait dengan pelaksanaan pembelajaran berpendekatan saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 40,19 dengan kategori sedang, diskrepansi yang terjadi terkait dengan penilaian pembelajaran berpendekatan Saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 38.21 dengan kategori kecil, diskrepansi terhadap implementasi pembelajaran berpendekatan saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 37.13 dalam kategori kecil, persepsi guru terhadap pendekatan saintifik sebesar 73.33 dengan kategori baik, hasil belajar PKn siswa kelas IV sebesar 77.34 dengan kategori baik,  serta kontribusi kualitas pengelolaan pembelajaran berpendekatan saintifik terhadap hasil belajar PKn adalah signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 0.41 dan termasuk korelasi sedang. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11969

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF file view : 1576 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.