EVALUASI DISKREPANSI TERHADAP IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MUATAN PELAJARAN PKn TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD SE-KECAMATAN DENPASAR TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11969Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskrepansi terhadap implementasi pendekatan saintifik pada muatan pelajaran PKn tema Cita-Citaku di kelas IV SD se-Kecamatan Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model diskrepansi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD di Kecamatan Denpasar Timur yang terdiri dari 6 gugus dan terdapat 36 sekolah. Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling. Data yang dikumpulkan adalah perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, data persepsi guru dan hasil belajar PKn. Data perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendekatan saintifik dikumpulkan dengan rubrik observasi, data persepsi guru terhadap pendekatan saintifik dikumpulkan dengan kuesioner, serta data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif dan korelasi product moment. Diskrepansi yang terjadi terkait dengan perencanaan pembelajaran berpendekatan Saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 32.97 dengan kategori kecil , diskrepansi yang terjadi terkait dengan pelaksanaan pembelajaran berpendekatan saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 40,19 dengan kategori sedang, diskrepansi yang terjadi terkait dengan penilaian pembelajaran berpendekatan Saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 38.21 dengan kategori kecil, diskrepansi terhadap implementasi pembelajaran berpendekatan saintifik pada muatan pelajaran PKn sebesar 37.13 dalam kategori kecil, persepsi guru terhadap pendekatan saintifik sebesar 73.33 dengan kategori baik, hasil belajar PKn siswa kelas IV sebesar 77.34 dengan kategori baik, serta kontribusi kualitas pengelolaan pembelajaran berpendekatan saintifik terhadap hasil belajar PKn adalah signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 0.41 dan termasuk korelasi sedang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)