POTENSI DUKUNGAN BUDAYA LOKAL TERHADAP MUATAN SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI PADA KURIKULUM 2013

Authors

  • I.G.A. P. Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11970

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan potensi dukungan budaya lokal terhadap muatan sikap dan muatan pembelajaran, pada tema Selalu Berhemat EnergiKelas 4 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini  menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan  variabel muatan sikap, muatan pembelajaran dan budaya lokal. Pengumpulan data digunakan pencatatan dokumen untuk mendapatkan data tentang muatan sikap dan muatan pembelajaran. Data tentang budaya lokal menggunakan pedoman wawancara. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah budayawan, guru kelas 4, dan Orang tua siswa. Hasil penelitian menemukan sikap spiritual ketaatan beribadah, berprilaku syukur, danberdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Muatan sikap sosial yaitu jujur,disiplin, tanggung jawab,santun, peduli serta percaya diri.Muatan pembelajaran yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Prakarya, danPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Nilai budaya lokal yang mendukung muatan sikap dan muatan pembelajaran pada tema selalu berhemat energiterdapat dalam aktivitas bermain mebade-badean, medagang-dagangan, dansepit-sepitan, mendengarkan cerita (Satua) I Siap Selem, bawang teken kasuna,dan men tiwas teken men sugih,bernyanyi (gending rare) putri cening ayu dan dadong dauh, mengucapkan salam om swastiastu, serta kewajiban mebanten seperti mebanten saiban, mebanten canang, dan mesegeh.

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Dewi, I. P. (2017). POTENSI DUKUNGAN BUDAYA LOKAL TERHADAP MUATAN SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI PADA KURIKULUM 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11970

Issue

Section

Articles