INSERSI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA MATERI DAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • I Wy. Ariyastana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada materi bahasa Indonesia (2) penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia di dalam menginsersikan nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Mengwi dan objek penelitian ini adalah nilai-nilai karakter bangsa pada materi dan proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Mengwi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi (untuk memperoleh data penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada materi pembelajaran bahasa Indonesia), observasi (untuk memperoleh data penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia), dan wawancara (untuk memperoleh data kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) insersi nilai-nilai karakter bangsa pada materi pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan 5 nilai-nilai karakter bangsa; (2) sementara pada proses pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan 9 nilai - nilai karakter bangsa dari 18 nilai-nilai karakter bangsa; dan (3) berdasarkan hasil wawancara, guru yang diteliti atas nama Ni Nyoman Mendri, S.Pd berkaitan dengan kendala yang dihadapi guru pada proses pembelajaran terletak pada karakter setiap siswa. Siswa memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga menyulitkan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa (1) sudah terdapat insersi nilai-nilai karakter bangsa pada materi pembelajaran bahasa Indonesia; (2) telah ditemukan nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia; dan (3) kendala yang dihadapi guru terletak pada karakter setiap siswa berbeda-beda. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan khususnya dalam penginsersian nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Hendaknya guru dapat menginsersikan nilai-nilai karakter bangsa dengan baik dalam proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia. Dari pihak sekolah dan dinas pendidikan hendaknya memberikan pelatihan kembali terkait dengan Kurikulum 2013.

Downloads

Published

2017-10-05

How to Cite

Ariyastana, I. W. (2017). INSERSI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA MATERI DAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11985