INSERSI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA MATERI DAN PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11985Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada materi bahasa Indonesia (2) penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia di dalam menginsersikan nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Mengwi dan objek penelitian ini adalah nilai-nilai karakter bangsa pada materi dan proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Mengwi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi (untuk memperoleh data penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada materi pembelajaran bahasa Indonesia), observasi (untuk memperoleh data penginsersian nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia), dan wawancara (untuk memperoleh data kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) insersi nilai-nilai karakter bangsa pada materi pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan 5 nilai-nilai karakter bangsa; (2) sementara pada proses pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan 9 nilai - nilai karakter bangsa dari 18 nilai-nilai karakter bangsa; dan (3) berdasarkan hasil wawancara, guru yang diteliti atas nama Ni Nyoman Mendri, S.Pd berkaitan dengan kendala yang dihadapi guru pada proses pembelajaran terletak pada karakter setiap siswa. Siswa memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga menyulitkan guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter bangsa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa (1) sudah terdapat insersi nilai-nilai karakter bangsa pada materi pembelajaran bahasa Indonesia; (2) telah ditemukan nilai-nilai karakter bangsa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia; dan (3) kendala yang dihadapi guru terletak pada karakter setiap siswa berbeda-beda. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan khususnya dalam penginsersian nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Hendaknya guru dapat menginsersikan nilai-nilai karakter bangsa dengan baik dalam proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia. Dari pihak sekolah dan dinas pendidikan hendaknya memberikan pelatihan kembali terkait dengan Kurikulum 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)