PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURA RAI DENPASAR UTARA

Authors

  • Putu Indra Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Resolusi Konflik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Gugus Kolonel I Gusti Ngutah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan Faktorial Design 2x2. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 80 siswa. Pegumpulan data menggunakan tes hasil belajar untuk data hasil belajar dan kuesioner untuk memperoleh data sikap social siswa. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap social terhadap hasil belajar PKn. (3) pada siswa yang memiliki sikap social tinggi terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Resolusi Konflik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (4) pada siswa yang memiliki sikap social rendah terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Resolusi Konflik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2017-10-05

How to Cite

Kusuma, P. I. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURA RAI DENPASAR UTARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11988