PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD GUGUS KOLONEL I GUSTI NGURA RAI DENPASAR UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11988Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Resolusi Konflik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Gugus Kolonel I Gusti Ngutah Rai Denpasar Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan Faktorial Design 2x2. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 80 siswa. Pegumpulan data menggunakan tes hasil belajar untuk data hasil belajar dan kuesioner untuk memperoleh data sikap social siswa. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap social terhadap hasil belajar PKn. (3) pada siswa yang memiliki sikap social tinggi terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Resolusi Konflik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (4) pada siswa yang memiliki sikap social rendah terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Resolusi Konflik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)