UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PI-MTPS KELAS IV SD

Authors

  • dian suryani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13872

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan keterampilan berbicara tematik terpadu  dapat diupayakan melalui pendekatan inkuiri dan model TPS kelas IV SD semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Prosedur penelitian menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tembarak Temanggung dengan 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran. Teknik analisis data adalah teknik persentase yakni membandingkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran tematik terpadu melalui PI-MTPS antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara tematik terpadu, yang diupayakan melalui PI-MTPS antar siklus, yakni sebanyak 44,4% dari seluruh siswa mencapai keterampilan berbicara tinggi di siklus 1 dan meningkat menjadi 81,4% dari seluruh siswa di siklus 2. Keterampilan berbicara dalam pembelajaran tematik terpadu meliputi keterampilan membuat rumusan masalah, keterampilan mengemukakan pendapat, terampil membaca puisi dengan intonasi, pelafalan dan ekpresi yang tepat serta lancar membaca puisi

References

Arsyad, Maidar dan Mukti U.S. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Azizah, N., & Kurniawati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 2 (1) , 53.

Drake, S. M. (2012). Creating standards based integrated curriculum: the commom core state standards edition. California: Corwin Press A sage Publication.

Hidayat, S., Festiyed , & Fauzi, A. (2012). Pengaruh Pemberian Assessment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori dan Inkuiri di Kelas XII A SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN: 2252-3014, 3, 5.

Kasbiyono. (2012). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada KD Bermain Peran Dengan Menggunakan Media Karim Bagi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Gajah Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. MPP Vol 6, No 1.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Shofa, M. F., & Suparno. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka. 210: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 1 – Nomor 2, November 2014.

Yuniarti, H. (2013). Penerapan Model Think Pair Share Dengan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicarasiswa Kelas III SDN Karanganyar 02 Semarang. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara, Hal. 90-176.

Wardani, N. S. (2016). Implementasi Teknik Autentik Perkuliahan Kajian IPS SD Tipe Think Pair share (TPS). volume 3 nomor 1 ISSN 2442-6350, 81.

Downloads

Published

2018-05-04

How to Cite

suryani, dian. (2018). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PI-MTPS KELAS IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13872

Issue

Section

Articles