IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA

Ida Bagus Widana Siswaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas XI Boga 2 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Boga 2 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018., berjumlah 39 orang dengan 21 orang putra dan 18 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok secara klasikal pada observasi awal 6,2(cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 6,9 (cukup aktif), dan 7,1 (aktif) pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 10,3% (tuntas), pada siklus I menjadi 74,3%(tuntas) dan 92,3%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XI Boga 2 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh peserta didik.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, NHT, aktivitas, hasil belajar, lompat  jauh.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astrawan, I Gede Budi.2012.”Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD N 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4ISSN 2354-614X

Bawa, I Made Lanang. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola Pada Siswa Kelas X1 Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Penjaskesrek, Undiksha Singaraja.

Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1.

Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.

Rasyid Dan Mansur. (2008). Penilaian Hasil Belajar.Bandung: CV Wacana Prima Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4ISSN 2354-614X242

Rika Fima Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2.

Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.

Sanjaya, I Putu Eka. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Penjaskesrek, Undiksha Singaraja.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryanto. (2009). Evaluasi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syuaib, Dahlia. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.