PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR ILMU GIZI SISWA

Ni Made Muliartini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar ilmu gizi siswa kelas X Tata Boga 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tata boga 3 SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objeknya adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar kuesioner, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X tata boga 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siklus I sebesar 52.62 dan 58.5 yang berkatagori positif pada siklus II. Untuk rata- rata hasil belajarpada siklus I sebesar 72.25, Pada siklus II menjadi sebesar 80.12.

 

Kata kunci: prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motuvasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGravindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Prektek.Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, 2003. Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Diretorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Indrawati, Ni Luh Gede Eka. 2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017”. Journal of Education Action Research Vol 1, No 2 (2017): August 2017.

Jayano,Dw. Md. R. Dwi & I Gst. Ngr. Japa I Md. Tegeh.2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Bermuatan Catur Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn 1 Sangsit”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Pujiono, Rudi.2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V B Sdn 047 Tarakan”. Journal of Education Research and Evaluation Vol 1, No 4 (2017).

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik.Bandung: Nusa Media.

Sudana, I Putu Ari & I Gede Astra Wesnawa.2017.” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wahyuni. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 2




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.