PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL R&D DI SMK N 2 KINTAMANI

JERO GEDE NGARTI

Abstract


Abstrak – Video pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan, dengan adanya video pembelajaran yang dari tahun ke tahun mengalami pengembangan atau mengikuti trend sehingga media video tidak akan pernah hilang dalam dunia pendidikan.

Artikel ini bertujuan untuk memanfaatkan video pembelajaran untuk bahan ajar di sma/smk di Bali dengan merujuk bebrapa artikel yang sudah dikembangkan sebelumya di sma/smk di Bali dengan cara mereview  rtikel. Metodologi yang dilakukan berupa analisis artikel jurnal dan literatur. Dari analisis hasil review menunjukkan bahwa video pembelajaran  membawa dampak positif bagi kegiatan belajar peserta didik seperti demontrasi materi, motivasi, tutorial, dan efektivitas waktu. Beberapa masalah dalam artikel ini menjadi implikasi yang dapat diperhitungkan untuk penelitian di masa depan. Beberapa tantangan yang dihadapi dengan menerapkan video pembelajaran perlu ditangani oleh para peneliti di masa depan, seperti penyimpanan video di luar pembelajaran yang sangat banyak di yotube sehingga menyebkan konsentrasi pengguna akan terbagi. Artikel ini juga menjadi poin penting dalam pelaksanaan proses belajar menajar sehingga pemerintah diharapkan mengluarkan  kebijakan untuk menentukan video yang layak digunakan sebagai bahan ajar dan  sebagai salah satu model modern untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran untuk pendidikan tinggi



DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.