Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403Abstract
Artikel ini bertujuan untuk memanfaatkan video pembelajaran untuk bahan ajar di sma/smk di Bali dengan merujuk bebrapa artikel yang sudah dikembangkan sebelumya di sma/smk di Bali dengan cara mereview rtikel. Metodologi yang dilakukan berupa analisis artikel jurnal dan literatur. Dari analisis hasil review menunjukkan bahwa video pembelajaran membawa dampak positif bagi kegiatan belajar peserta didik seperti demontrasi materi, motivasi, tutorial, dan efektivitas waktu. Beberapa masalah dalam artikel ini menjadi implikasi yang dapat diperhitungkan untuk penelitian di masa depan. Beberapa tantangan yang dihadapi dengan menerapkan video pembelajaran perlu ditangani oleh para peneliti di masa depan, seperti penyimpanan video di luar pembelajaran yang sangat banyak di yotube sehingga menyebkan konsentrasi pengguna akan terbagi. Artikel ini juga menjadi poin penting dalam pelaksanaan proses belajar menajar sehingga pemerintah diharapkan mengluarkan kebijakan untuk menentukan video yang layak digunakan sebagai bahan ajar dan sebagai salah satu model modern untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran untuk pendidikan tinggiReferences
Agustania, Anindita. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di Smk Negeri 1 Pengasih . Skripsi. Diakses 26 April 2019.
Arsyad. (2004). Video pembelajaran. Diakses 26 April 2019.
Batubara , Hamdan Husein). (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika Sd/Mi. Journal Homepage: Http://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Muallimuna. Diakses 26 April 2019. Diakses 6 April 2019
Dicky Candra Kurniawan1, Dedi Kuswandi2, Arafah Husna3. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. Jinotep. Diakses 26 April 2019.
Ekawati , Ninda, Supurwoko, Daru Wahyuningsih. Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Fisika, Fkip, Uns. Diakses 6 April 2019. Diakses 28 April 2019
Faqih Faldiansyah Pratama, Cecep E Rustana, Sunaryo1. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Listrik Arus Searah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Diakses 6 April 2019
Handayani, Siska. (2018). Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok Secara Konstruksi Di Kelas X Tata Busana 3 Smk Negeri 6 Surabaya. Edisi Yudisium Periode Mei 2018, Hal 18-21. 21 Mei April 2019.
Khasanah , Dea Nuril. Pratiwi , Ariska Endah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Ksdp Prodi S1 Pgsd “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi. Diakses 6 April 2019. 21 Mei April 2019.
Maryono, Dwi & Budiyanto, Cucuk. (2018). The Development Of Video Learning To Deliver A Basic Algorithm Learning. Issn: 2549-0389. Diakses 21 Mei April 2019.
Muhammad Mustofa Yusuf*, Mohamad Amin, And Nugrahaningsi. (2017). Developing Of Instructional Media-Based Animation Video On Enzyme And Metabolism Material In Senior High School. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Diakses 24 Mei 2019.
Mutia , Rita. Adlim, A. Halim. (2012). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,. Diakses 6 April 2019. Diakses Diakses 24 Mei 2019.
Noviyanto, Hadi. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Pokok Bahasan Komposisi Gambar Berbasis Animasi Untuk Jurusan Multimedia Smk Negeri 4 Semarang . Skripsi. Diakses 24 Mei 2019.
Nugroho. (2011). Video pembelajaran. Diakses 24 Mei 2019.
Vuspa, Lins In. (2017). Pengearuh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Fatra Mandiri Plaju Palembang. 42-47 Issn: 2337-7623; Eissn: 2337-7615. Diakses 26 Mei 2019.
Sadiman. (1986). Motivasi dan belajar. Diakses 6 April 2019.
Sugiono. 2009. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta
Sugiono. 2013. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.
Thomas Adi Tri Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaranterhadap Keterampilan Proses Ipa Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Diakses 26 Mei 2019.
Uno. (2006). Motivasi dan belajar. Diakses 27 Mei 2019.
Panje , Marius, Sihkabuden, Anselmus J. E Toenlioe. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Diakses 6 April 2019. Diakses 6 April 2019
Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. 42-47 Issn: 2337-7623; Eissn: 2337-7615. Diakses 27 Mei 2019.
Suryandari1 , Widha Sunarno2 , Suparmi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Dokumenter Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Pada Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Inkuiri. Diakses 28 Mei 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)