Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D

Penulis

  • Ketut Agustini Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali
  • Jero Gede Ngarti Jurusan Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memanfaatkan video pembelajaran untuk bahan ajar di sma/smk di Bali dengan merujuk bebrapa artikel yang sudah dikembangkan sebelumya di sma/smk di Bali dengan cara mereview  rtikel. Metodologi yang dilakukan berupa analisis artikel jurnal dan literatur. Dari analisis hasil review menunjukkan bahwa video pembelajaran  membawa dampak positif bagi kegiatan belajar peserta didik seperti demontrasi materi, motivasi, tutorial, dan efektivitas waktu. Beberapa masalah dalam artikel ini menjadi implikasi yang dapat diperhitungkan untuk penelitian di masa depan. Beberapa tantangan yang dihadapi dengan menerapkan video pembelajaran perlu ditangani oleh para peneliti di masa depan, seperti penyimpanan video di luar pembelajaran yang sangat banyak di yotube sehingga menyebkan konsentrasi pengguna akan terbagi. Artikel ini juga menjadi poin penting dalam pelaksanaan proses belajar menajar sehingga pemerintah diharapkan mengluarkan  kebijakan untuk menentukan video yang layak digunakan sebagai bahan ajar dan  sebagai salah satu model modern untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran untuk pendidikan tinggi

Referensi

Agustania, Anindita. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di Smk Negeri 1 Pengasih . Skripsi. Diakses 26 April 2019.

Arsyad. (2004). Video pembelajaran. Diakses 26 April 2019.

Batubara , Hamdan Husein). (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika Sd/Mi. Journal Homepage: Http://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Muallimuna. Diakses 26 April 2019. Diakses 6 April 2019

Dicky Candra Kurniawan1, Dedi Kuswandi2, Arafah Husna3. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. Jinotep. Diakses 26 April 2019.

Ekawati , Ninda, Supurwoko, Daru Wahyuningsih. Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Fisika, Fkip, Uns. Diakses 6 April 2019. Diakses 28 April 2019

Faqih Faldiansyah Pratama, Cecep E Rustana, Sunaryo1. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Listrik Arus Searah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Diakses 6 April 2019

Handayani, Siska. (2018). Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok Secara Konstruksi Di Kelas X Tata Busana 3 Smk Negeri 6 Surabaya. Edisi Yudisium Periode Mei 2018, Hal 18-21. 21 Mei April 2019.

Khasanah , Dea Nuril. Pratiwi , Ariska Endah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Ksdp Prodi S1 Pgsd “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi. Diakses 6 April 2019. 21 Mei April 2019.

Maryono, Dwi & Budiyanto, Cucuk. (2018). The Development Of Video Learning To Deliver A Basic Algorithm Learning. Issn: 2549-0389. Diakses 21 Mei April 2019.

Muhammad Mustofa Yusuf*, Mohamad Amin, And Nugrahaningsi. (2017). Developing Of Instructional Media-Based Animation Video On Enzyme And Metabolism Material In Senior High School. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Diakses 24 Mei 2019.

Mutia , Rita. Adlim, A. Halim. (2012). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,. Diakses 6 April 2019. Diakses Diakses 24 Mei 2019.

Noviyanto, Hadi. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Pokok Bahasan Komposisi Gambar Berbasis Animasi Untuk Jurusan Multimedia Smk Negeri 4 Semarang . Skripsi. Diakses 24 Mei 2019.

Nugroho. (2011). Video pembelajaran. Diakses 24 Mei 2019.

Vuspa, Lins In. (2017). Pengearuh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Fatra Mandiri Plaju Palembang. 42-47 Issn: 2337-7623; Eissn: 2337-7615. Diakses 26 Mei 2019.

Sadiman. (1986). Motivasi dan belajar. Diakses 6 April 2019.

Sugiono. 2009. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta

Sugiono. 2013. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.

Thomas Adi Tri Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaranterhadap Keterampilan Proses Ipa Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Diakses 26 Mei 2019.

Uno. (2006). Motivasi dan belajar. Diakses 27 Mei 2019.

Panje , Marius, Sihkabuden, Anselmus J. E Toenlioe. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Diakses 6 April 2019. Diakses 6 April 2019

Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. 42-47 Issn: 2337-7623; Eissn: 2337-7615. Diakses 27 Mei 2019.

Suryandari1 , Widha Sunarno2 , Suparmi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Dokumenter Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Pada Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Inkuiri. Diakses 28 Mei 2019.

Diterbitkan

2020-03-15

Cara Mengutip

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Terbitan

Bagian

Articles