Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Gambar Teknik II (CAD) Berbasis Model Explicit Instruction di Akademi Komunitas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21841Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik berada di bawah 70 (40,83%). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang mendukung pembelajaran mata kuliah Gambar Teknik II (CAD) berbasis Model Explicit Instruction di Akademi Komunitas. Bahan ajar ini dirancang untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (four-D), prosedur pengembangan 4-D yaitu: terdiri dari 4 tahap utama yaitu, (1) Define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh validator ahli, dosen dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validitas yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut; (1) Validitas bahan ajar valid pada aspek materi/isi dengan nilai validitas adalah 0,833 kemudian pada aspek media dengan nilai 0,8 dan pada aspek bahasa dengan nilai 0,78 (2) Praktikalitas bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction bedasarkan respon dosen setelah melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 81,67. Sedangkan pada praktikalitas berdasarkan respon peserta didik setelah melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 82,33%, (3) Efektivitas bahan ajar gambar teknik II (CAD) berbasis Model Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sebelum dengan sesudah menggunakan media pendukung pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar ditandai dengan meningkatnya nilai peserta didik sebelum pembelajaran 68,43 meningkat setelah dilakukan pembelajaran menjadi 87,5. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa bahan ajar gambar teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) di Akademi Komunitas
Kata kunci: Bahan Ajar, Gambar Teknik II (CAD), Explicit Instruction
References
Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hari Irawan & Nathanael Sitanggang. “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar AutoCAD Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Pada Peserta Didik Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat”. Jurnal Educational Building, Volume 1, Nomor 1, Juni 2015: 63 – 69
Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 3
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. 6
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Umar Tirtarahardja & La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Yamin, Monawatidan M. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . JURNAL PESONA DASAR UniversitasSyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)