Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Gambar Teknik II (CAD) Berbasis Model Explicit Instruction di Akademi Komunitas

Authors

  • Erik Fernandes Universitas Negeri Padang
  • Syahril . Universitas Negeri Padang
  • Waskito . Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21841

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik berada di bawah 70  (40,83%). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang  mendukung pembelajaran mata kuliah   Gambar Teknik II (CAD)  berbasis Model Explicit Instruction di Akademi Komunitas. Bahan ajar ini dirancang untuk dapat meningkatkan hasil belajar  peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (four-D), prosedur pengembangan 4-D yaitu: terdiri dari 4 tahap utama yaitu,  (1) Define  (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh validator ahli, dosen dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validitas  yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut; (1) Validitas bahan ajar  valid pada aspek materi/isi  dengan nilai validitas adalah 0,833 kemudian  pada aspek media  dengan nilai 0,8 dan pada aspek bahasa dengan nilai 0,78 (2) Praktikalitas bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction bedasarkan respon dosen setelah melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 81,67. Sedangkan pada praktikalitas berdasarkan respon peserta didik setelah melalui uji coba dinyatakan  praktis dengan total nilai 82,33%, (3) Efektivitas bahan ajar  gambar teknik II (CAD)  berbasis Model Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sebelum dengan sesudah menggunakan media pendukung pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar ditandai dengan meningkatnya nilai peserta didik sebelum pembelajaran 68,43 meningkat setelah dilakukan pembelajaran menjadi 87,5. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa bahan ajar gambar teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) di Akademi Komunitas

 

Kata kunci: Bahan Ajar, Gambar Teknik II (CAD), Explicit Instruction

References

Ayuwanti, Irma. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hari Irawan & Nathanael Sitanggang. “Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar AutoCAD Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Pada Peserta Didik Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat”. Jurnal Educational Building, Volume 1, Nomor 1, Juni 2015: 63 – 69

Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 3

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. 6

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Umar Tirtarahardja & La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Yamin, Monawatidan M. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . JURNAL PESONA DASAR UniversitasSyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Fernandes, E., ., S., & ., W. (2019). Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Gambar Teknik II (CAD) Berbasis Model Explicit Instruction di Akademi Komunitas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 316–322. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21841