Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Teknik Las Lanjut Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan

Authors

  • Dony Marten Universitas Negeri Padang
  • Refdinal . Universitas Negeri Padang
  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21863

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tersedianya modul yang sistematis pada mata kuliah Teknik Las Lanjut di Program Studi Teknik Fabrikasi dan Pengelasan Logam (TFPL) serta hasil belajar peserta didik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan menghasilkan modul yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Teknik Las Lanjut berbasis proyek untuk peserta didik Program Studi TFPL di Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), dengan model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisa data efektivitas dengan memakai skor N-Gain. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini untuk efektivitas modul pembelajaran diperoleh dari nilai pretest dan posttest mahasiswa setelah menggunakan modul pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya modul pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: Modul, Project Based Learning, Efektivitas

References

Eka Rima Prasetya. 2016. “Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Materi Kerajinan Berbasis Proses di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 6, Nomor (2): 154-16

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Proyek/Poject Based Learning. Jakarta: Kemendikbud.

Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTs . Jakarta: Kemendikbud.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya

Peraturan Direktur Politeknik Negeri Padang Nomor: 4597/PL.9/DL/2018 tentang Peraturan Akademik Politeknik Negeri Padang. 2018. Padang: Diperbanyak oleh Politeknik Negeri Padang

Maulidia Sani. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 04 No. 01, 259-267

Nur Kholis Novianto. 2016. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA”. Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 13 (2), 184, ISSN 2541-0652

Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pangesti Damayanti. 2017. “Pengembangan Modul Berbasis Kooperative Tipe Take And Give Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X TKBB SMK Negeri 2 Bojonegoro”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Volume 2, Nomor (2): 205-212

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Theresia Widyantini. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Bilangan Kelas VII. Yogyakarta: PPPPTK Matematika. Pp. 1 - 19.

Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Trianto. 2012. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Marten, D., ., R., & Syah, N. (2019). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Teknik Las Lanjut Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 394–405. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21863