Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Teknik Las Lanjut Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21863Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tersedianya modul yang sistematis pada mata kuliah Teknik Las Lanjut di Program Studi Teknik Fabrikasi dan Pengelasan Logam (TFPL) serta hasil belajar peserta didik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan menghasilkan modul yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Teknik Las Lanjut berbasis proyek untuk peserta didik Program Studi TFPL di Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (penelitian dan pengembangan), dengan model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisa data efektivitas dengan memakai skor N-Gain. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini untuk efektivitas modul pembelajaran diperoleh dari nilai pretest dan posttest mahasiswa setelah menggunakan modul pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya modul pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Modul, Project Based Learning, Efektivitas
References
Eka Rima Prasetya. 2016. “Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Materi Kerajinan Berbasis Proses di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 6, Nomor (2): 154-16
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Proyek/Poject Based Learning. Jakarta: Kemendikbud.
Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTs . Jakarta: Kemendikbud.
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya
Peraturan Direktur Politeknik Negeri Padang Nomor: 4597/PL.9/DL/2018 tentang Peraturan Akademik Politeknik Negeri Padang. 2018. Padang: Diperbanyak oleh Politeknik Negeri Padang
Maulidia Sani. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 04 No. 01, 259-267
Nur Kholis Novianto. 2016. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA”. Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 13 (2), 184, ISSN 2541-0652
Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pangesti Damayanti. 2017. “Pengembangan Modul Berbasis Kooperative Tipe Take And Give Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X TKBB SMK Negeri 2 Bojonegoro”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Volume 2, Nomor (2): 205-212
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Theresia Widyantini. 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Bilangan Kelas VII. Yogyakarta: PPPPTK Matematika. Pp. 1 - 19.
Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Trianto. 2012. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)