Pengembangan Modul Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi ICT Guru di Sekolah Kristen Kanaan Semarang

Franke Wijaya, Ade Iriani

Abstract


ABSTRAK

Kompetensi ICT guru merupakan bagian dari salah satu kualifikasi pendidik yaitu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi ICT guru bisa ditingkatkan dengan menggunakan aplikasi pendidikan diantaranya  Edmodo, namun tidak semua guru mengetahui fungsi aplikasi ini. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul pelatihan penggunaan aplikasi Edmodo untuk meningkatkan kompetensi ICT guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Kristen Kanaan Semarang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi. Tahap pengembangan yang dilakukan melalui (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain dan Produk, (4) Validasi Desain dan (5) Perbaikan Desain. Hasil penelitian menghasilkan produk yaitu modul pelatihan “Penggunaan Aplikasi Edmodo.” Hasil uji validitas oleh pakar diperoleh hasil bahwa modul layak digunakan. Modul yang telah diuji coba dapat diterima dan digunakan untuk meningkatkan kompetensi ICT di kalangan guru sekolah Kristen Kanaan Semarang. Modul pelatihan ini diharapkan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri dalam penggunaan aplikasi Edmodo untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik dan virtual.

 

Kata Kunci: Kompetensi ICT, Modul, Edmodo


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.22927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.