Pengembangan Modul Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi ICT Guru di Sekolah Kristen Kanaan Semarang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.22927Abstract
ABSTRAK
Kompetensi ICT guru merupakan bagian dari salah satu kualifikasi pendidik yaitu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi ICT guru bisa ditingkatkan dengan menggunakan aplikasi pendidikan diantaranya Edmodo, namun tidak semua guru mengetahui fungsi aplikasi ini. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul pelatihan penggunaan aplikasi Edmodo untuk meningkatkan kompetensi ICT guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Kristen Kanaan Semarang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi. Tahap pengembangan yang dilakukan melalui (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain dan Produk, (4) Validasi Desain dan (5) Perbaikan Desain. Hasil penelitian menghasilkan produk yaitu modul pelatihan “Penggunaan Aplikasi Edmodo.” Hasil uji validitas oleh pakar diperoleh hasil bahwa modul layak digunakan. Modul yang telah diuji coba dapat diterima dan digunakan untuk meningkatkan kompetensi ICT di kalangan guru sekolah Kristen Kanaan Semarang. Modul pelatihan ini diharapkan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri dalam penggunaan aplikasi Edmodo untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik dan virtual.
Kata Kunci: Kompetensi ICT, Modul, Edmodo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)