HUBUNGAN MOTIVASI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEINGINAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN SEMESTER 8 UNTUK MENERUSKAN PROGRAM PROFESI NERS DI STIKES KARSA HUSADA GARUT

Andhika Lungguh Perceka

Abstract


This research aims to seek the association of Motivation and support of the family with the    wishes of students of bachelor degree of nursing in 8th semester to continue college to the profession ners in Stikes karsa husada Garut.  Design Analytic descriptive analytics using the cross sectional approach. In this research, all students in bachelor degree of nursing in 8th semester as much as 100 people become population. The results of the study obtained    the relationship between motivation with the desire to proceed to the profession with the level of p Value 0.030, and there is a connection between skills with students motivation 8th semester     with the status of p value = 0.031. And a significant association of family support with the desire to continue the profession of Ners with a status of P Value 0.047

References


Arifin, A. and Ratnasari, S. (2017) ‘HUBUNGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA’, Jurnal Konseling Andi Matappa. doi: 10.31100/jurkam.v1i1.9.

Baharun, H. (2016) ‘Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis’, Jurnal Pedidikan.

Cleopatra, M. (2015) ‘Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap’, Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Dimyati, M. dan (2013) ‘Model-model pengajaran dan pembelajaran’, Teaching and Educations.

Hayat, H. and Indriyati, I. (2015) ‘PERANAN PERAWAT DALAM KERANGKA KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG KEPERAWATAN’, Jurnal Transormasi Administrasi.

Herawati, T. M., Hariyati, R. T. S. and Afifah, E. (2017) ‘Pengembangan Profesional Keperawatan Berhubungan dengan Kemampuan Perawat dalam Mengatasi Nyeri Pasien’, Jurnal Keperawatan Indonesia. doi: 10.7454/jki.v20i1.501.

Nurohmat, A. D. (2016) ‘GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PERAWAT UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KEJENJANG PROFESI NERS DI RSUD MAJALAYA’, ejurnal.stikesbhaktikencana.

Puspita, A. P. W., Susilaningsih, F. S. and Somantri, I. (2017) ‘PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP QUALITY OF NURSING WORK LIFE (QNWL) PERAWAT RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BANDUNG’, JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA. doi: 10.17509/jpki.v3i1.7475.

Putro, K. Z. (2017) ‘Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja’, Jurnal Aplikasi Ilmu Ilmu Agama.

Rinawati, F. and Sucipto, S. (2019) ‘ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA’, Jurnal Keperawatan Jiwa. doi: 10.26714/jkj.7.1.2019.95-100.

Rofiah, R. and Syaifudin, A. (2014) ‘Keperawatan di Institusi pendidikan swasta’, Jurnal Manajemen Keperawatan.

Sari, at al (2017) ‘Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Keperawatan dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember’, e-Jurnal Pustaka Kesehatan,.

Yuliawan, A. (2016) ‘HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA’, Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian. doi: 10.26576/profesi.132.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.23063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.