Keterampilan Guru Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25268Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengungkapkan penerapan keterampilan guru abad 21 di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dilihat dari keterampilan hidup dan berkarir, belajar dan berinovasi, serta teknologi dan media informasi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dan Mengungkapkan perbedaan penerapan keterampilan guru abad 21 antar jurusan Teknik Mesin/Teknik Kendaraan Ringan dan Jurusan Teknik Gambar Bangunan/Teknik Kontruksi Properti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru SMK Negeri 1 Tanjung Raya, penelitian dilakukan kepada 53 Guru kejuruan. Data dikumpulkan melalui pembagian angket kepada guru selaku responden. Data diolah melalui uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan guru abad 21 di SMK Negeri 1 Tanjung Raya dilihat dari keterampilan hidup dan berkarir, belajar dan berinovasi, serta teknologi dan media informasi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya berada pada interpretasi baik. 2) Terdapat perbedaan penerapan keterampilan guru abad 21 antar jurusan Teknik Mesin/Teknik Kendaraan Ringan dan Jurusan Teknik Gambar Bangunan/Teknik Kontruksi Properti. Implikasi penelitian ini berupa pemberian pelatihan keterampilan kepada guru produktif dan melaksanakan sosialiasi lebih lanjut mengenai keterampilan yang perlu dikuasai guru. Kebaruan penelitian ini berupa subjek penelitiannya berupa guru.References
Ariyansyah. (2018). Penerapan Beberapa Keterampilan Abad 21 Melalui Metode KuliahLapangan (Field Trip) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah. Volume 7(1).
Atrizka, D. (2018). Perbedaan Keterampilan Mengajar Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan di Kelas pada Guru SMAN 11 Medan Jurnal Diversita Volume 4 (1), Hal 1-11. 4 (1).
Bernie. Trilling, and C. F. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, Vol. 13, No.2.
Dharma, S. dkk. (2013). Tantangan Guru SMK Abad 21. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah.
Eggen, P. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Indeks.
Fitriadi, H. (2012). Keterampilan Tik GuruProduktif SMK Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Implementasi Dalam Pemebelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2.
Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Idintifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada ASPEK Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisiska. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32
Jupriayanto, N. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. Volum 4 Nomor 1.
Mulyana, A. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. PT Grasindo.
Nuraini, N., & Yani, J. J. A. (2017). Profil Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. 8.
Nurfuadi. (2012). Profesionalisme Guru. STAIN Press, Purwokerto bekerjasama dengan Buku Litera.
Prayogi, R. D. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi DIGITAL Pendidik Masa. Vol. 14, No. 2, 8.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pemebealajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1.
Rizal, F., & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21ST Century Skilss) di Kalangan Guru Kejuruan SMK 2 Neferi Solok. 8.
Rusman. (2011). Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Alfabeta.
Sugiono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Surya, M. (2016). Guru Profesional: Strategi Membangun Generasi Emas. Tema Guru dalam mempersiapkan Generasi Emas Indonesia. Telkom University bekerjasama dengan Radio K.Lite FM.
Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Ombak.
Wibowo, M. E. (2012). Menyiapkan Bangkitnya Generasi Emas Indonesia.
Winarty, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21.
Yunas, T. B., & Rachmawati, M. A. (2018). Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Mengajar Fisika Pada Siswa di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 1(2), 16.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang di Ajarkan Melalui Pembelajaran. 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)